Resep Masakan Indonesia Istimewa dengan Penambahan Kecap Tepat Waktu!

Banyak sajian resep masakan Indonesia menggunakan bahan kecap untuk menguatkan cita rasa, baik sebagai bagian bumbu yang ikut dimasak. Hingga sekedar dijadikan cocolan guna mendapatkan rasa makanan yang lebih menggoda. Apabila anda termasuk penggemar kecap untuk setiap makanan. Baik olahan daging hingga kudapan ringan seperti gorengan dan lain sebagainya penting sekali untuk mengetahui proses penambahan kecap yang benar.

kecap masakanKecap yang terbuat dari kedelai hitam memiliki sifat mudah terbakar dan gosong, apabila hal ini terjadi. Tentunya resep kuliner Indonesia yang dibuat rasanya akan berantakan, berikut tips memasak menggunakan kecap yang benar:

• Jika menambahkan kecap pada tumisan, maka akan berfungsi sebagai pelapis (coating) sebaiknya dimasukkan sesaat sebelum masakan diangkat dari penggorengan,
• Olahan semur dan bacem, kecap berfungsi sebagai bumbu utama sehingga takarannya harus banyak, namun ditambahkan secara bertahap jangan sekaligus,
• Sedangkan untuk masakan yang dibakar, kecap berfungsi sebagai karamelisasi sehingga perlu ditambahkan beberapa kali hingga warna dan aroma sesuai harapan.

Penambahan kecap pada saat yang tepat akan mampu menguatkan rasa dan tampilan sebuah masakan. Hal ini penting untuk dilakukan agar penambahan kecap tidak sia-sia dan manfaat kecap bisa didapatkan. Masakan yang dibuat pun akan jauh dari resiko kegagalan, apakah terlalu manis, terlalu pekat, atau terasa pahit ketika kecap terbakar. Perhatikan moment tepat menuangkan kecap agar resep masakan Indonesia yang dibuat terjamin kualitas rasa dan tampilan.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0