Rekomendasi serta Tips Memilih dan Merawat Gitar Klasik

Gitar adalah salah satu alat musik yang sangat terkenal di dunia, bahkan sudah ada sejak abad ke-3 setelah Masehi. Selain itu, faktor pendukung yang membuat gitar semakin populer adalah karena gitar menjadi salah satu alat musik yang cukup mudah didapatkan dan dipelajari sehingga minat orang-orang untuk bermain gitar pun semakin tinggi. Alat musik gitar sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari jenis klasik hingga elektrik, dan yang cukup terkenal ialah jenis gitar klasik yang mana mampu menghasilkan suara yang indah nan merdu tanpa membutuhkan alat audio tambahan seperti yang ada pada gitar elektrik.

gitar klasikGitar klasik pun sekarang ini hadir dengan berbagai macam tipe dan merek yang tentunya menawarkan kualitas yang berbeda. Jadi, apabila Anda ingin membeli alat musik yang satu ini sebaiknya Anda memahami dulu tips-tips apa saja yang perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapat gitar yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Untuk lebih jelasnya langsung saja menyimak ulasan berikut ini:

Tips Memilih Gitar Klasik

  1. Bahan dan ukuran gitar

Setiap gitar diproduksi dengan bahan dan ukuran yang berbeda-beda, hal ini dilakukan untuk dapat menghasilkan proyeksi dan tonasi suara yang berbeda pula sehingga para konsumen dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan. Seperti misalnya gitar dengan ukuran yang besar biasanya mampu menghasilkan tonasi suara yang lebih bulat dan gitar yang berukuran lebih kecil biasanya mampu menghasilkan tonasi suara yang lebih tinggi.

Selain itu pemilihan bahan pembuatan gitar juga menjadi faktor utama penentu kualitas gitar tersebut. Saat ini memang cukup banyak gitar berbahan triplek yang beredar dipasaran dengan harga murah, namun tentunya kualitas suara yang dihasilkan akan sangat berbeda dengan gitar berbahan full kayu yang dijual dengan harga lebih mahal. Jadi bagi Anda yang ingin memiliki gitar dengan kualitas suara yang baik maka gitar dengan bahan full kayu asli bisa menjadi pilihan yang tepat.

  1. Neck gitar

Setelah Anda selesai memutuskan bahan dan ukuran gitar yang akan dipilih maka selanjutnya Anda bisa memperhitungkan bagian neck gitar seperti apa yang dibutuhkan. Perlu diketahui sebelumnya bahwa neck pada gitar memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga Anda perlu memastikan jika neck gitar idaman Anda memiliki ukuran yang pas dan nyaman digenggaman agar mudah dimainkan. Selain itu, pastikan pula neck gitar tersebut sudah dilengkapi dengan Truusord, yaitu besi panjang di bagian neck yang berfungsi untuk mencegah neck gitar tidak mudah bengkok.

  1. Fret gitar

Fret adalah strip besi yang terdapat pada sepanjang neck gitar, biasanya memiliki jumlah yang bervariasi pada setiap gitar klasik. Fret sendiri memiliki jarak ukuran yang berbeda dari satu garis Fret ke garis lainnya, hal ini tentu diciptakan untuk meningkatkan kualitas suara dari gitar itu sendiri. Gitar klasik yang berkualitas biasanya akan dilengkapi dengan fret berbahan stainless steel yang kuat dan tidak mudah retas sehingga mampu menghasilkan suara yang stabil dan tidak fals.

  1. Tuning peg

Tuning Peg atau yang biasanya dikenal sebagai bagian / alat menyetem gitar juga menjadi salah satu faktor paling menentukan dari kualitas gitar itu sendiri. Gitar klasik yang berkualitas haruslah memiliki Tuning Peg yang berkualitas pula agar stem yang dihasilkan tidak fals dan tidak mudah berubah.

  1. Cek suara

Setelah Anda memperhatikan seluruh kondisi dari gitar klasik, mulai dari bahan hingga Tuning Peg maka hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mencoba memainkan gitar tersebut. Cobalah untuk memainkan beberapa melodi dan kunci dasar pada gitar untuk mengetahui bagaimana kualitas suara yang dihasilkan. Apabila ternyata suara yang dihasilkan cenderung fals dan tidak akurat, bisa jadi terdapat kesalahan dalam memproduksi gitar tersebut dan sebaiknya Anda tidak memilih gitar semacam ini.

Rekomendasi Gitar Klasik Merek Yamaha dari Bhinneka

Dari sekian banyak jenis gitar yang ada di pasaran Anda bisa memilih beberapa tipe gitar terbaik merek Yamaha yang mana sudah sangat terkenal memproduksi berbagai jenis alat musik berkualitas tinggi. Adapula beberapa tipe gitar yang bisa Anda pilih, yaitu:

  1. Yamaha Guitar Classic C315
  2. Yamaha Guitar Classic GL1
  3. Yamaha Guitar Classic CGS-102A
  4. Yamaha Guitar Cassic C-40

Dari ke-4 tipe gitar tersebut tentunya Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, apabila Anda adalah pemula yang baru mulai belajar untuk menggunakan gitar sebaiknya Anda memilih gitar nomor 1, yaitu Yamaha C315 karena gitar ini memiliki kualitas yang sangat baik dan memang didesain untuk para pemula.

Tips Merawat Gitar Klasik agar Awet

  1. Menaruh gitar pada stand gitar

Sebagus apapun gitar klasik yang Anda pilih tentu tidak akan ada artinya apabila Anda tidak melakukan perawatan yang baik terhadap gitar tersebut. Oleh karena itu mulailah langkah perawatan yang tepat, yaitu dengan menaruh gitar pada stand gitar khusus yang bisa Anda beli di pasaran.

Menaruh gitar pada stand gitar ini bertujuan agar kontruksi dari gitar tidak berubah dan tetap mampu menghasilkan suara yang baik karena apabila Anda menaruhnya begitu saja pada lantai, lemari, ataupun menyandarkannya pada tembok, bukan tidak mungkin untuk jangka panjangnya kontruksi neck pada gitar akan berubah dan suara yang dihasilkan pun tidak lagi sempurna.

  1. Simpanlah pada tempat dengan suhu ruang yang tidak lembab

Apabila Anda sedang tidak memainkan gitar, khususnya untuk jangka waktu yang lama maka pastikan jika gitar tersebut berada pada tempat dengan suhu ruang yang tidak lembab. Hal ini perlu diperhatikan mengingat bahan utama dari gitar adalah kayu sehingga tempat dengan suhu yang lembab akan membuat gitar berjamur.

  1. Gunakan hardcase gitar

Apabila Anda sering bepergian dengan membawa gitar klasik kesayangan Anda maka pastikan gitar tersebut selalu terlindungi dengan cara menaruhnya pada hardcase gitar. Dalam hal ini hardcase lebih direkomendasikan daripada softcase karena memiliki ketahanan fisik yang lebih mumpuni untuk menghindari gitar dari benturan yang tidak disengaja.

  1. Bersihkan senar gitar

Salah satu komponen paling penting untuk menghasilkan suara pada gitar klasik adalah bagian senar, oleh karena itu pastikan senar Anda selalu bersih dan berada pada kondisi terbaiknya. Bersihkanlah senar gitar Anda menggunakan String Cleaner, yaitu cairan pembersih senar khusus yang mampu menjaga kondisi senar agar tidak berkarat dan kotor.

  1. Kendurkan senar apabila tidak dipakai

Selain rutin membersihkan senar, Anda juga perlu mengendurkan senar apabila gitar tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama. Hal ini perlu diperhatikan karena senar yang terlalu kencang dapat mempengaruhi kondisi neck gitar sehingga rawan bengkok walaupun sudah terdapat besi Truusord didalamnya.

  1. Membersihkan Fretboard

Ketika Anda mengendurkan senar maka tidak ada salahnya jika Anda juga membersihkan bagian fretboard. Bagian ini adalah tempat yang bisa dikatakan paling cepat kotor karena selalu bersentuhan dengan jari Anda ketika menyentuh fret. Bersihkanlah fretboard secara rutin agar keringat dan kotoran yang tertinggal tidak menumpuk dan menjadi kerak yang mana bisa mengurangi kenyamanan Anda dalam memainkan gitar klasik.

Demikianlah ulasan yang bisa dibagikan mengenai tips memilih dan merawat gitar klasik. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan Anda bisa mendapatkan gitar terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0