Rekomendasi 7 Pantai Terindah di Indonesia

Sebagai negara kepulauan sudah wajar jika salah satu yang dijual ke luar negeri tentang Indonesia adalah jajaran pantai terindah di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Ada beberapa rekomendasi terbaik pantai terindah di Indonesia yang belum tentu pernah dikunjungi oleh warga Indonesia itu sendiri.

Pantai Pink, Pulau Komodo

Tripadvisor.com

Pantai-pantai di Indonesia punya karakteristik yang unik. Misalnya pantai di sepanjang pantai utara pulau Jawa biasanya memiliki ombak yang tenang dan pantai yang landai. Sebaliknya dengan garis pantai selatan yang lebih ganas namun disukai para peselancar dunia termasuk di Bali dan Lombok.

Lalu apa saja pantai terindah di Indonesia yang jadi tujuan wisata para turis asing dari berbagai negara di dunia?

1 . Pantai Ora, Maluku Tengah

Jangan ditanya tentang panta-pantai di daerah timur seperti Pantai Ora di Maluku Tengah ini. Pantai Ora memiliki pantai dengan air laut sangat jernih. Jika kamu melihat ke permukaan lautnya seolah-olah mau sedang bercermin dan bisa sekaligus melihat ikan-ikan lucu dengan mata telanjang.

Pantai ini keindahannya disebut-sebut setara dengan keindahan Pantai Bora-Bora atau pantai Boracay. Untunglah pantai ini sudah terdapat faslitas penginapan berupa resort yang memadai. Tak heran jika turis asing pun tidak sungkan dan ragu lagi untuk berkunjung ke Pantai Ora Maluku.

2. Tiga Pantai Gili di Lombok

Belum sah rasanya jika datang ke Lombok tanpa mengunjungi pantai tiga Gili yang amat terkenal. Tiga Gili itu adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan GIli Air. Untuk bisa ke pantai tiga Gili tersebut kamu harus menyeberang dengan menggunakan perahu.

Lalu apa yang menjadi daya tarik para turis asing untuk datang ke pantai tiga Gili ini? Ternyata salah satu keunikannya adalah terdapat sebuah spot diving dan snorkeling di Gili Meno. Saat kamu diving atau snorkeling, berdoalah agar beruntung bisa menyaksikan penyu di habitat aslinya.

3. Pantai Derawan, Kalimantan Timur

Bolehlah berbangga dengan Derawan. Pasalnya pulau in menjadi salah satu tempat wisata terbaik di dunia versi CNN. Pantai Derawan berhasil mengalahkan pantai-pantai lain di muka bumi dan menjadi pantai terindah di dunia dengan urutan ke 63.

Jika belum sempat datang ke Raja Ampat, rekomendasi terbaik adalah Pantai Derawan. Beberapa wisatawan dapat menyewa beberapa peralatan diving dan juga snorkeling. Ada banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan sembari menunggu lawan.

4. Pantai Pandawa, Bali

Jika merasa pantai Kuta sudah terlalu mainstream maka kamu bisa mengunjungi Pantai Pandawa. Dari tahun ke tahun, pandai Pandawa selalu memberikan berita-berita menarik yang berkaitan dengan wisata pantai terindah di Bali.

Awalnya pantai ini memiliki medan jalan yang tergolong sulit dan menantang. Namun kini sudah ada pembukaan lahan untuk membuat akses ke Pantai Pandawa, Bali. Meskipun demikian, akan lebih enak jika Pantai Pandawa dibiarkan tertutup saja karena jika sudah terlalu ramai maka akan banyak kepentingan dibaliknya.

5. Pantai Nihiwatu, Sumba

Beberapa media di luar negeri memberitakan bahwa keindahan pantai Nihiwatu disebut-sebut  menandingii pantai Hawaii. Itulah mengapa banyak turis asing yang belakangan memang memilih Sumba sebagai the next level destination setelah liburan ke Bali.

Nihiwatu Sumba sudah memiliki resort tingkat dunia. Dengan infrastruktur yang memadai dan penerbangan yang mudah, Sumba kini memang menjadi daya tarik turis asing yang sudah terlalu sering datang ke Australia. Ada banyak tempat wisata menarik di Sumba yang bisa kamu kunjungi sebelum terlalu mainstream.

6. Pantai Tomini, Sulawesi

Keuntungan berada tepat digaris khatulistiwa adalah merasakan iklim yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Itulah alasan mengapa pantai Tomini menjadi tempat terbaik untuk berjemur kapan pun kamu mau.

Tomini Bay termasuk salah satu spot snorkeling dan scuba diving terbaik di Indonesia. Pemandangan underwaternya tak kalah dengan keindahan di Menjangan Bali atau Sulawesi Selatan. Tomini Bay memilki sebuah kampung nelayan sehingga kamu bisa melihat denyut kehidupan warga khas pesisir pantai di pagi hari yang indah.

7. Pantai Pink, Pulau Komodo

Waktu terbaik untuk bisa melihat gradasi keindahan Pantai Pink di Pulau Komodo adalah pada saat musim panas sebelum masuk bukan September. Mengapa? Karena pada saat itu gradasi warga pink, biru laut hingga biru tua akan terlihat dengan jelas dari ketinggian bukit.

Indonesia memilki dua pantai Pink salah satunya di Pulau Komodo ini. Salah satu alasan mengapa pantai ini berwarna pink karena merupakan campuran biota laut dan karang sehingga meninggalkan warna merah muda di pesisir pantai yang putih bersih.

Pantai Pink Komodo juga merupakan tempat terbaik untuk snorkeling dan diving. Selain itu wisatawan juga biasanya melakukan trekking atau hiking di perbukitan Pulau Komodo untuk mencari jejak-jejak “naga” yang masih hidup masa hingga kini.

Daftar pantai indah ini memang jauh dari Jakarta, namun bukan berarti tidak bisa kamu jangkau. Coba deh cek harga tiket pesawat Garuda Indonesia ke pantai favorit kamu. Yakinkan bahwa kamu bisa kok mengunjungi salah satunya dengan memanfaatkan promo tiket pesawat murah yang bisa kamu cari jauh-jauh hari.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0