Quality Time Bersama Anak di Tengah Kesibukan

Quality Time Bersama AnakMenjadi seorang ibu sekaligus menjadi wanita karir merupakan tantangan tersendiri bagi seorang perempuan. Anda akan dituntut untuk menyeimbangkan kehidupan antara pekerjaan dan urusan rumah tangga. Di tengah-tengah itu semua, Anda pun harus memperhatikan tumbuh kembang balita agar anak Anda bisa tumbuh dengan normal. Namun, di tengah kesibukan yang melanda, Anda juga harus menyisihkan waktu untuk quality time bersama anak. Bagaimana cara menyiasatinya?

  1. Menyediakan waktu berdua saja bersama anak. Di tengah kesibukan Anda yang super sibuk, tentunya Anda merasa kesulitan untuk menemukan waktu berkualitas hanya berdua saja dengan anak Anda. Padahal anak Anda membutuhkan waktu berdua saja dengan Anda untuk mengungkapkan sesuatu yang tidak bisa diungkapkannya secara gamblang. Sisihkan satu hari di akhir pekan untuk pergi berdua dengan anak. Lakukan hal-hal yang menyenangkan seperti makan es krim, menonton film, berjalan-jalan, atau sekadar menikmati restoran kesukaannya. Anda akan terkejut dengan perubahan-perubahan kecil yang Anda temukan pada anak Anda. Dan tentunya, kedekatan positif antara Anda dengan anak akan semakin terbangun.
  2. Libatkan anak dalam kesibukan harian Anda. Percaya atau tidak, anak akan dengan senang hati untuk membantu Anda bahkan untuk pekerjaan-pekerjaan sederhana seperti merapikan kertas atau membuang sampah. Melibatkan anak dalam jadwal harian Anda akan membuat buah hati kita merasa penting dan diperhatikan. Misalnya saja, beri tugas ringan seperti menaruh baju kotor di tempat cucian baju, makan dengan rapi, atau selalu merapikan mainan setelah digunakan. Pantau tugasnya secara berkala agar anak paham akan pentingnya tanggung jawab.
  3. Sisihkan beberapa menit dari waktu istirahat Anda untuk menelpon anak. Anda sibuk seharian di kantor dan tidak sempat berkomunikasi dengan anak? Usahakan untuk berbincang dengannya selama beberapa menit lewat telepon. Tanyakan apa saja aktivitasnya dan apa yang tengah ia lakukan. Berbicara dengan anak secara langsung akan membuatnya tidak merasa dilupakan dan terus merasa diingat.
  4. Bawakan camilan kesukaan atau mainan favoritnya sesekali. Tiba di rumah setelah seharian beraktivitas di kantor adalah hal yang Anda tunggu-tunggu, bukan? Begitu juga dengan anak. Anak Anda selalu menunggu Anda untuk tiba di rumah setiap harinya. Jika sedang ada rezeki berlebih, beri kejutan untuk anak dengan membawakan camilan atau mainan kesukaannya. (Tr)
Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0