Promosi Batik Mega Mendung Cirebon Melalui Internet

Batik adalah karya seni diatas kain dengan menggunakan malam atau lilin yang kini telah menjadi salah satu kebudayaan Indonesia yang telah diakui Dunia dan disahkan oleh PBB pada 2 oktober 2009. Indonesia memiliki banyak varian batik yang berbeda disetiap daerahnya. Misalnya saja Cirebon yang memiliki batik mega mendung yang menjadi ciri khasnya. Batik mega mendung tidak kalah dengan jenis batik lainnya dalam hal corak dan warna. Oleh karena itu batik ini mulai terkenal dan dicari oleh banyak orang.

batik mega mendungTentunya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemasaran yang semakin luas maka perlu banyak hal yang dilakukan, salah satunya melalui pemanfaatan internet. Perkembangan dunia internet yang semakin cepat membuat fasilitas ini dapat menjadi salah satu wadah promosi yang baik untuk mengenalkan batik mega mendung kepada khalayak umum. Internet Cirebon sudah mengalami banyak peningkatan dalam hal fasilitas untuk mengakses internet. Hal ini dapat membuat masyarakat Cirebon, pengrajin hingga para penjual batik khas Cirebon ini lebih mudah melakukan promosi.

Kini banyak fasilitas di internet yang dapat digunakan seperti portal iklan, ecommerce, blog, hingga membuat web sendiri. Dengan adanya fasilitas internet ini tentunya akan membuat sistem promosi yang dilakukan menjadi lebih luas dan dapat diakses oleh siapa saja. Perkembangan pengguna internet dapat dikatakan semakin terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga sangat potensial dalam pemanfaatan fasilitas internet untuk melakukan promosi untuk memasarkan batik mega mendung dan juga memperkenalkan tradisi budaya Indonesia, salah satunya Kesenian Topeng Banjet Karawang.

Kesadaran masyarakat akan batik membuat permintaan akan batik semakin meningkat. Produk terbanyak dari batik biasanya dalam bentu baju, baik pria maupun wanita. Baju batik sering digunakan dalam suasana formal ataupun santai, sehingga banyak orang menggunakan batik untuk pakaian sehari – harinya. Tidak hanya masyarakat indonesia saja yang suka menggunakan batik.Karya seni budaya Indonesia ini juga sudah tersebar ke penjuru dunia bahkan presiden Amerikat Serikat, Obama juga pernah memakainya. Oleh karena promosi melalui internet dapat terus ditingkatkan untuk semakin mengenalkan dan meningkatkan pengetahuan tentang batik Indonesia ini.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0