Pinjam ke Pegadaian atau ke Bank ?

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah keuangan, pinjam uang akan menjadi salah satu jalan keluar yang tepat untuk Anda. Jika jumlah uang yang Anda butuhkan tidak banyak, meminjam pada kerabat terdekat mungkin bukanlah hal yang sulit bagi beberapa orang. Namun hal ini akan lain jika jumlah yang dibutuhkan cukup besar. Meskipun jika kerabat Anda memiliki penghasilan yang cukup besar sekalipun, meminjamkan uang dalam jumlah besar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi terkadang ada beberapa orang yang memiliki prinsip, “saudara adalah saudara, namun uang urusan lain”. Untuk tipe seperti itu jangankan pinjam dalam jumlah besar, pinjam uang dalam jumlah sedikit saja bisa sangat merepotkan.

pinjaman pegadaian atau bankNah, jika kamu memiliki kerabat yang seperti itu, cuma ada satu penyelesaiannya yaitu meminjam uang pada lembaga keuangan. Pertanyaannya selanjutnya adalah, ada 2 pilihan lembaga keuangan berbadan hukum yang memiliki fasilitas pinjam uang, yaitu pegadaian dan bank. Lalu mana yang harus dipilih ya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kamu pahami hal berikut ini dulu.

  • Pegadaian

Ini merupakan lembaga keuangan non bank milik pemerintah. Keuntungan meminjam uang di sini yaitu, prosesnya yang tidak sulit dan terkadang hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Tentunya, ini hanya berlaku untuk pinjaman dalam jumlah kecil. Jika pinjaman dalam jumlah besar hingga ratusan juta proses pengajuannya bisa jadi lebih lama. Cara meminjam uang pada lembaga ini mudah, cukup membawa barang apapun yang memiliki nilai dan kemudian menyerahkannya pada petugas. Petugas akan memberikan informasi mengenai nominal yang bisa dipinjam berdasarkan nilai barang yang digadaikan. Nilai pinjaman uang pada lembaga ini bisa dikatakan sangat beragam, dari mulai Rp. 50.000,- – Rp 500.000.000,- atau bahkan lebih. Untuk lama waktu pinjaman, Anda juga bisa mengambil pinjaman jangka pendek yaitu hanya beberapa bulan saja atau pinjaman jangka panjang.

  • Bank

Saat mengajukan pinjaman uang kepada lembaga non bank, Anda pasti akan dihadapkan pada pilihan jenis kredit yang akan Anda ambil. Jenis ini bergantung pada pemanfaatan dana nantinya dan juga nominal pinjaman. Jika tujuan Anda adalah untuk usaha, maka Anda bisa mengambil kredit usaha. Sementara itu, jika tujuannya untuk hal yang lain maka Anda bisa mengambil KTA atau kredit dengan jaminan. Perbedaan antara keduanya yaitu, pada KTA Anda tidak diminta untuk menyerahkan jaminan apapun dan jumlah pinjaman umumnya hanya beberapa juta hingga puluhan juta. Namun untuk mengajukannya Anda wajib memiliki kartu kredit yang telah aktif minimal 1 tahun dan harus bersiap membayar bunga dengan jumlah yang cukup besar. Sementara untuk kredit dengan jaminan nilainya mencapai ratusan juta karena aset yang dijaminkan biasanya adalah rumah, ruko atau sejenisnya. Selain itu, proses uang keluar juga cenderung lama dan melalui berbagai tahapan.

Nah, setelah memahami perbedaan meminjam uang dikedua lembaga tersebut, tinggal Anda sendirilah yang menentukan mana yang lebih baik. Apakah meminjam pada bank ataukah pegadaian? (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0