Pertolongan Pertama Panas Demam Anak

Banyak penyebab panas demam anak yang dapat membuat hilangnya keceriaan sang buah hati. Panas demam dapat terjadi kapan saja, dan sering kali tidak diketahui penyebabnya. Pada saat panas deman menyerang, setiap orang tua pasti merasa cemas dan panik. Karena dalam panik ini banyak orang tua memberikan obat penurun panas dengan harapan panas pada buah hatinya dapat segera menurun. Sebenarnya ada cara lain untuk memberikan pertolongan pertama menurunkan panas demam anak.

Pertolongan Pertama Panas Demam AnakBerikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama panas demam anak.

  • Awasi suhu panas anak dengan menggunakan Termometer. Dengan mengawasi suhu badan anak, kita dapat mengetahui perkembangan suhu panas badan anak. Suhu normal anak berkisar 36 – 37 derajat celcius. Periksa suhu tubuh anak setiap 3 – 4 jam sekali.
  • Berikan anak cukup minum air putih. Panas demam pada anak dapat menyebabkan banyaknya hilang cairan tubuh atau dehidrasi. Dengan memberikan cukup minum air dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.
  • Bila panas tubuh terus meningkat, kompreslah anak dengan menggunakan air biasa atau hangat. Jangan menggunakan air es, karena dinginnya dapat malah menyebabkan anak menjadi menggigil. Atau kini dapat menggunakan plester penurun demam yang lebih ringkas.
  • Kenakan pakaian yang tipis dan longgar pada anak. Jangan gunakan pakaian yang tebal dan ketat pada anak, karena dapat menghambat suhu panas yang akan keluar dari tubuh.
  • Buatlah kondisi anak senyaman mungkin agar dia bisa beristirahat dengan nyaman yang dapat membantu proses pemulihannya.
  • Bila panas tidak mau turun dan malah semakin meningkat, berikanlah obat penurun panas demam. Namun dalam pemberian obat penurun panas, sebaiknya berdasarkan saran dokter atau petunjuk dosis yang disarankan. Dengan memberikan obat penurun panas dapat membantu panas turun dan membuat anak lebih nyaman dan dapat beristirahat.
  • Bila panas demam semakin tinggi dan tidak turun – turun sebaiknya bawa buah hati anda segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut serta mendapatkan penanganan ahlinya.

Panas demam pada anak memang selalu membuat orang tua menjadi cemas, namun dengan mengetahui Jenis Demam Pada Anak mengatasi permasalahan tersebut orang tua dapat lebih tenang dalam mengatasainya. Tentunya dengan mengetahui tentang pertolongan pertama pada panas demam anak dapat mengantisipasi hal yang lebih buruk.

Share on Facebook0Share on Google+2Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0