Perkembangan Masa Anak-Anak

Kesehatan anak merupakan prioritas setiap orangtua. Bahkan, usaha menjaga kesehatan anak ini pun telah dilakukan semenjak dari kandungan, salah satunya dengan menghindari segala pantangan bagi ibu hamil. Memasuki masa anak – anak, yakni masa di mana mereka mulai beranjak melewati usia bayi, beban orang tua pun semakin besar. Bahkan tidak sedikit orangtua yang melakukan konsultasi masalah anak dengan ahlinya untuk mendapatkan informasi bagaimana menghadapi dan melewati masa – masa dimana seorang anak sedang mengalami perkembangan.

perkembangan anakMasa anak-anak sendiri dimulai dari usia 2 tahun hingga mereka tiba di saat usia matang secara pubertas. Usia matang ini berkisar 14 tahun untuk pria dan 13 tahun untuk wanitia. Pada usia ini, anak – anak mengalami perubahan yang sangat signifikan baik secara psikologis maupun fisik. Karena itulah, masa perkembangan anak menjadi sebuah momok yang dapat dikatakan sedikit sulit dilewati oleh sebagian orangtua.

Menurut beberapa ahli, periode anak – anak ini bisa dibagi menjadi dua masa: masa anak – anak awal dan masa anak – akhir.

Masa anak-anak awal, dimana masa ini berlangsung pada anak dari umur 2 tahun sampai umur 6 tahun.Pada masa kanak-kanak awal adalah fase yang sangat penting, karena dalam fase umur sekitar 5 tahun adalah masa dimana pembentukan pribadi dan sikap seorang anak akan tercipta. Oleh karena itu pembentukan sifat pada saat fase ini sangat penting, jangan sampai karakter anak salah bentuk yang dapat berdampak pada kedepannya dari anak tersebut. Oleh karena itu pengetahuan orang tua dan orang disekitar anak sangat penting untuk membentuk disaat anak berada dalam fase ini untuk perkembang karakter anak yang baik.

Masa anak-anak akhir, untuk masa ini terjadi pada anak pada umur 6 th sampai anak matang secara seksual. Dimana masa ini terjadi pada saat anak masuk ke masa pubertas. Masa ini biasanya anak – mulai masuk masa sekolah TK atau Sekolah Dasar. Bagi para ahli psikologi , masa akhir anak-anak adalah dimana mereka masuk dalam kehidupan bersosial, penyesuaian diri, pembentukan kreatifitas, serta usia bermain.

Masa Perkembangan pada anak – anak menjadi sangat penting dalam membentuk anak menjadi manusia yang baik untuk kedepannya. Tentunya untuk dapat melakukan semua ini diperlukan pengetahuan yang wajib dimiliki orang tua dan guru sebagai salah satu faktor yang dapat membentuk karakter seorang anak. Lingkungan sekitar dan sekolah anak juga menjadi sangat penting, karena tidak dipungkiri karakter seorang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungannya.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0