Perhatikan Hal ini Sebelum Mengajukan Klaim Asuransi

Pasti kesal yah melihat mobil yang sudah dirawat baik-baik, justru malah rusak akibat ulah orang lain. Kerusakan ini, bisa terjadi karena tidak sengaja ataupun sengaja. Misalnya saja, seperti tanpa sengaja terserempet oleh motor atau mobil lain, ataupun bisa karena tangan-tangan jahil anak yang belum mengerti bahwa menggambar dengan batu di body mobil itu dilarang. Nah, jika sudah begini tinggal kita sebagai pemilik mobil yang harus sibuk mencari cara klaim asuransi Garda Oto untuk memperbaiki segala kerusakan yang terjadi di mobil.

Yap, mencari cara dan prosedur klaim asuransi ini memang sangat penting, karena dapat mempermudah dan melancarkan proses klaim. Sayangnya, banyak yang mengabaikan hal ini dan justru langsung mengajukan klaim begitu saja. Ujung-ujungnya proses klaim berlangsung lambat atau bahkan gagal. Setelah itu, pengguna asuransi yang akan marah dan kemudian menganggap perusahaan asuransi sebagai penipu. Padahal, belum tentu seperti itu loh.

Ajukan Klaim AsuransiNah, supaya proses klaim berjalan baik, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan, yaitu :

  • Cari berbagai informasi terlebih dahulu, apa saja kerusakan yang akan di cover dan apa yang tidak di cover. Pastikan, bahwa klaim kerusakan yang akan kita ajukan termasuk ke dalam klaim yang akan di cover oleh perusahaan asuransi. Informasi ini dapat kita ketahui dengan membaca secara jelas dan detail polis asuransi yang telah kita tanda tangani. Jangan sampai, kita sudah susah payah datang dan mengajukan¬†klaim asuransi, ternyata bagian yang ingin kita klaim tidak termasuk tanggungjawab perusahaan asuransi.
  • Cari informasi dokumen apa saja yang harus disiapkan. Setelah memastikan kerusakan termasuk bagian dari tanggungjawab perusahaan asuransi, hal selanjutnya yaitu menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Perhatikan secara detail, misalnya apakah yang dibutuhkan adalah dokumen asli atau copy, serta berapa jumlah yang dibutuhkan. Tentunya akan sangat sayang kan, jika kita sudah datang ke perusahaan asuransi namun terpaksa proses tidak bisa dilanjutkan akibat kurangnya dokumen.
  • Setelah semua hal terpenuhi, tanyakan pada agen asuransi yang menangani Anda langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jangan bersikap pasif dengan menerima begitu saja ketika disuruh menunggu. Akan tetapi, jangan juga Anda menanyakan kelanjutan proses asuransi secara berlebihan (misalnya sehari 2x), karena mereka bisa menjadi kesal dengan Anda.

Semoga dengan cara di atas, proses klaim asuransi berjalan baik dan lancar yah. Jika Anda juga memiliki motor di rumah, jangan lupa untuk memerhatikan klaim asuransinya jika motor tersebut ingin dipakai mudik di lebaran ini. Semoga membantu! (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0