Perhatikan Hal Ini Sebelum Daftar Polis Asuransi Jiwa

Diantara sekian banyaknya polis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, asuransi jiwa syariah merupakan salah satu yang banyak diminati. Yap, asuransi yang memberikan perlindungan financial kepada ahli waris ketika terjadi suatu risiko pada pemegang polis. Dengan perlindungan ini membuat ahli waris tidak terlalu terbebani lagi masalah keuangan setelah pemegang polis tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan financialnya.

Asuransi JiwaMelihat fungsi dari asuransi ini, mungkin Anda akan berpikir bahwa hanya kepala keluarga saja yang memerlukannya. Namun ternyata tidak seperti itu. Banyak juga kok seseorang yang bahkan meskipun belum menikah sudah mendaftarkan dirinya menjadi pemegang polis asuransi ini. Apalagi sekarang menjadi pemegang polis ini sudah sangat dipermudah dan biaya premi yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Akan tetapi, Anda yang tertarik untuk menjadi pemegang polis asuransi jiwa sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa hal ini berikut ini sebelum menandatangani kontrak:

  • Sesuaikan biaya premi dengan kemampuan Anda membayar. Jangan hanya melihat nilai keuntungan yang akan Anda dapatkan saja. Sebab semakin tinggi nilai pertanggungan yang didapat akan semakin besar pula nilai premi yang harus Anda bayarkan. Jangan sampai Anda tidak mampu menabung atau mengalami kekurangan uang karena Anda memilih asuransi jiwa dengan premi di luar kemampuan.
  • Perhatikan bagaimana sistem pembayaran uang pertanggungan. Sesuaikan sistem yang dipilih dengan sifat ahli waris Anda. Maksudnya, ada beberapa orang yang tidak mampu memanfaatkan uang maka sebaiknya pilihlah sistem pembayaran secara berkala. Namun jika ahli waris Anda memiliki sifat pekerja keras dan mampu memanfaatkan peluang, pilihlah sistem pembayaran penuh. Setidaknya dengan pembayaran penuh ahli waris Anda mampu memanfaatkannya untuk memulai usaha atau sejenisnya.
  • Polis asuransi memang bisa dibatalkan, namun biaya premi yang telah dibayarkan akan hangus. Itulah sebabnya pikirkan baik-baik sebelum Anda menandatangani kontrak. Apakah Anda memang membutuhkan asuransi ini?

Asuransi memang bisa memberi keuntungan pada Anda ketika terjadi sebuah risiko. Akan tetapi, jangan sampai Anda terlalu berpikir tentang masa depan dan mengabaikan masa sekarang. Oleh sebab itu, bijaklah dalam menentukan segala sesuatunya termasuk ketika Anda memurtuskan untuk menggunakan produk asuransi ini. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0