Perbedaan Internet Kabel Coaxial dan Fiber Optic

Semakin banyak masyarakan yang menggunakan fiber internet bila dibandingkan dengan internet kabel biasa atau yang sering disebut kabel coaxial. Hal ini disebabkan karena persepsi masyarakat saat ini yang menganggap bahwa internet dengan menggunakan fiber optic lebih hebat dan lebih baik dibandingkan dengan internet yang menggunakan kabel coaxial sebagai penghantar datanya. Padahal ketika ditanyakan secara langsung, tidak semua dari pengguna fiber internet ini mengetahui secara pasti apa itu fiber optic dan mengapa mereka memilihnya. Umumnya mereka hanya tahu bahwa “kata orang-orang” fiber optic ini lebih bagus daripada kabel coaxial.

perbedaan kabel optic dan coaxialUntuk kalian yang masih bingung dengan perbedaan keduanya, berikut ini adalah beberapa perbedaan dari internet dengan fiber optic dan kabel coaxial:

  • Kabel coaxial

Kabel coaxial ini terbuat dari bahan tembaga. Koneksi internet dengan kabel ini bisa dikatakan kurang stabil, dan sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Saat cuaca sedang baik, maka koneksi internet akan berjalan dengan lancar. Namun, akan mengalami gangguan hingga terputusnya koneksi disaat cuaca sedang buruk. Kondisi terparahnya adalah, kabel coaxial ini dapat menghantarkan listrik yang dapat berpotensi menyebabkan router terbakar jika digunakan saat kondisi hujan yang disertai dengan petir. Selain itu, koneksi internet juga dapat dipengaruhi oleh gelombang elektromagnetik. Keterbatasan kecepatan transfer data yang hanya 5 Mbps juga menjadi salah satu penyebab masyarakat mulai kurang tertarik dengan kabel coaxial.

  • Fiber optic

Fiber optic adalah sebuah teknologi kabel yang menggunakan benang (serat kaca atau plastik) sebagai media untuk mentransfer datanya. Kemurnian serat kaca yang digunakan dan digabungkan dengan sistem elektronik yang maju membuat serat ini mampu untuk mentransfer sinyal cahaya digital dalam jarak cukup jauh tanpa bantuan alat apapun. Koneksinya juga sangat stabil dan tidak terpengaruh oleh kondisi cahaya. Meskipun saat digunakan kondisi cuaca sedang buruk dan bahkan terdapat petir, internet akan dapat berjalan dengan lancar dan tidak akan berpotensi merusak router yang digunakan. Kemampuan fiber optic ini untuk mentransfer data yaitu mencapai 100 Mbps.

Setelah membaca ini, jangan asal menjawab lagi yah kalau di tanya “kenapa memilih fiber internet daripada internet kabel coaxial”. Semoga bermanfaat. (Vita)

Share on Facebook1Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0