Lakukan Perawatan pada Forklift Secara Rutin

Bagi yang sering berbelanja di supermarket, mungkin pernah melihat forklift. Apalagi, jika berbelanja di supermarket yang menjadi pusat grosir. Mereka biasanya menggunakan forklift yang dibelinya dari perusahaan Jual Alat Berat ini, untuk mengangkut berbagai macam barang dalam jumlah banyak. Forklift ini juga sering digunakan pada perusahaan industri atau pada bagian pergudangan. Fungsinya sama, yaitu sebagai alat untuk mengangkut barang-barang dalam jumlah banyak atau yang memiliki beban cukup berat.

perawatan forkliftForklift ini memiliki berbagai ukuran dan kapasitas yang dapat dipilih oleh konsumen sesuai dengan kebutuhannya. Untuk perusahaan industri yang membutuhkan forklift untuk mengangkat beban dalam kapasitas besar, bisa menggunakan forklift berukuran besar. Sementara, pada supermarket umumnya forklift yang digunakan berukuran kecil atau sedang, karena kapasitas beban pengangkatan tidak terlalu besar.

Sama seperti alat lainnya, forklift juga memerlukan perawatan agar awet. Apalagi, jika forklift sering digunakan, perawatan tentulah sangat diperlukan. Berikut ini adalah beberapa cara merawat forklift agar awet dan tidak mudah rusak:

  • Pada bagian-bagian forklift yang aktif bergerak, olesi dengan minyak secara teratur. Pada bagian-bagian sendi yang memiliki gesekan cukup sering, harus terus diperhatikan jangan sampai kering. Bagian kering di lokasi ini, akan membuat kerja forklift menjadi berat dan forklift akan lebih cepat rusak akibat terjadi gesekan.
  • Periksa secara berkala seluruh cairan yang ada pada forklift, misalnya seperti bahan bakar, oli, atau cairan lainnya yang mendukung kerja forklift. Pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa cairan masih dalam kondisi baik dan tidak kehabisan.
  • Beberapa forklift digerakkan dengan tenaga baterai, untuk itu penting menjaga dan memelihara baterai forklift agar awet. Lakukan pengecasan pada baterai saat sudah mencapai 20%, jangan menunggu hingga baterai habis. Pastikan proses pengecasan berlangsung hingga baterai benar-benar telah penuh. Pada saat proses pengisian, akan lebih baik jika tutup baterai dibuka agar tidak panas, dan gunakan voltase yang stabil untuk mengisi baterai. Jangan mengisi baterai ditempat yang lembab.
  • Periksa dan pastikan bahwa seluruh bagian pada forklift bekerja dengan sempurna.
  • Saat tidak digunakan, sebaiknya simpan forklift ditempat yang tidak langsung terkena panas matahari atau beresiko terkena air hujan. (Yv)
Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0