Perawatan AC di Rumah

Air Conditioner Indonesia atau AC merupakan kebutuhan yang sangat penting dirumah. Kondisi cuaca yang panas dan mulai padatnya lokasi dengan semakin banyaknya rumah menambah panas dan pengap saja. Hal ini biasa terjadi didaerah atau kota-kota besar seperti Jakarta, dimana gedung-gedung besar, polusi kendaraan dan pabrik yang sangat pekat membuat cuaca menjadi sangat panas. Oleh karena perawatan AC sangat penting agar AC dirumah dapat siap sedia digunakan bila disaat cuaca yang sangat panas. Berikut ini beberapa tips perawatan AC dirumah yang dapat dilakukan untuk menjaga agar AC dapat bekerja dengan baik.

perawatan ac

  • Sebaiknya melakukan pemeriksaan rutin untuk setiap setiap bagian AC. Untuk AC yang biasa digunakan dirumah adalah AC split, biasanya AC ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu indoor, outdoor dan remote.
  • Bersihkan bagian indoor AC secara rutin minimal sebulan sekali, pembersihannya dapat dilakukan dengan cara membuka cover AC dan memeriksa filter yang ada. Apabila filter kotor dan banyak debu maka dapat dibersihkan dengan dicuci, tapi perlu diperhatikan dalam melepas filter ini sebaiknya jangan sampai rusak.
  • Periksa kondisi dudukan AC yang menempel pada tembok, dudukan bisa saja miring atau kendur.
  • Bersihkan juga bagian outdoor AC minimal sebulan sekali dapat menggunakan vacum cleaner untuk dapat membersihkan debu atau kotoran yang menempel dari bagian kisi-kisi kondensor.
  • Pastikan peletakan bagian outdoor AC pada tempat yang bersih terbebas dari debu atau sampah atau pepohonan semak.
  • Simpan remote AC ditempat yang aman atau jauh dari jangkauan anak-anak. Hal ini sering terjadi, remote sering dimainkan anak-anak sehingga menjadi rusak karena jatuh atau terbentur.
  • Matikan AC bila akan meninggalkan ruangan atau pada saat meninggalkan rumah.
  • Apabila tidak sempat melakukan perawatan secara rutin atau tidak terlalu mengerti tentang cara melakukannya, sebaik menggunakan jasa perawatan Air Conditioner yang memang sudah ahli dibidangnya.

AC yang selalu terawat dan terjaga kebersihannya akan dapat berkerja dengan baik dan tentu saja awet dalam penggunaannya. Tentunya kita tidak mau merasakan kepanasan terutama pada malam hari ketika AC rusak mendadak.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0