Penyebab Panas Demam Anak

Demam pada anak adalah sebuah gejala yang menandakan didalam tubuhnya sedang terjadi perlawanan terhadap virus atau bakteri didalam tubuhnya. Mungkin banyak diantara kita yang masih menganggap demam adalah suatu penyakit. Dan sering kali orang tua memberikan obat penurun panas karena panik dan cemas. Pada dasarnya demam merupakan sebuah tanda bahwa tubuh sedang melakukan tugasnya melawan virus atau bakteri penyakit dengan cara meningkatkan suhu panas tubuh. Dengan semakin meningkatnya suhu panas tubuh dapat menghambat dan melawan virus atau bakteri karena tidak kuat menghadapi suhu panas.

Penyebab Panas Demam AnakInfeksi adalah salah satu penyebab panas demam anak terjadi. Infeksi terjadi karena adanya virus atau bakteri penyakit yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dimana sering mengalami buang air kecil disertai rasa perih. Infeksi pada tenggorokan yang sering menyebabkan radang tenggorokan. Bahkan kebiasaan sang buah hati yang terlalu sering dan lama bermain dibawah terik sinar matahari sehingga kelelahan dapat menyebabkan terjadinya demam. Namun penyebab yang sering memicunya terjadinya demam adalah virus dan bakteri.

Pada saat suhu badan anak panas, jangan langsung memberikan obat penurun panas. Hal ini dikarenakan panas yang yang terjadi karena adanya infeksi pada bagian tertentu. Dengan memberikan obat penurun panas hanya hanya akan meredakan sementara dan tidak lama kemudian panas anak kembali naik karena sumber infeksinya masih ada. Hal pertama yg dapat dilakukan adalah mengkompres atau menggunakan plester penurun demam yang dapat digunakan dengan mudah.

Pada saat demam terjadi merupakan sebuah gejala bahaya tubuh sedang melakukan perlawan terhadap infeksi. Sel darah putih adalah bagian dari tubuh yang berfungsi melawan bakteri atau virus, untuk melakukan fungsi ini yang dibantu oleh pirogen. Pirogen adalah zat yang merangsang suhu tubuh yang dapat menyebabkan peningkatan panas tubuh. Pirogen memiliki fungsi membawa sel darah putih menuju pusat dari infeksi. Selain itu pirogen menyebabkan suhu tubuh meningkat dapat dapat membunuh virus, karena virus tidak dapat bertahan pada suhu yang tinggi.

Panas demam pada anak bukan sebuah penyakit, tetapi gejala karena terjadi infeksi pada tubuh. Oleh karena penyembuhan yang tepat untuk demam adalah mengobati asal infeksi yang terjadi dengan tepat. Dengan tepat dalam mengobati pusat infeksi yang terjadi, akan dapat menghentikan panas demam dengan sendirinya karena penyebab terjadinya demam sudah hilang. Oleh karena itu pengetahuan tentang Merawat Demam Anak harus diketahui oleh orang tua. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Share on Facebook0Share on Google+4Pin on Pinterest1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0