Penyakit Pernafasan Pneumonia

Salah satu Penyakit Pernafasan yang cukup sering terjadi yaitu Pneumonia. Pneumonia adalah radang yang terjadi pada paru-paru, baik hanya satu maupun keduanya yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau fungi. Infeksi ini menyebabkan peradangan pada saluran pernafasan di paru-paru mengakibatkan saluran pernafasan tertutup oleh cairan.

Tidak hanya itu saja jenis pernyakit pernafasan yang ada dan banyak diderita masyarakat, karena ada jenis lain seperti MERS – CoV. Maka kita juga harus Waspadai Penyakit pernapasan MERS – CoV ini. MERS – CoV merupakan salah satu penyakit pernafasan yang kini sedang heboh dan menjadi banyak pembicaraan, karena ini merupakan virus yang menjangkit beberapa jamaah  haji Indonesia setibanya di Tanah Air.

Penyakit Pernafasan PneumoniaBanyak kasus Pneumonia karena bakteri disebabkan oleh bakteri Streptococcus Pneumonia, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini terjadi akibat lebih dari 1 jenis bakteri. Bakteri lain yang bisa menyebabkan penyakit ini yaitu Staphylococcus aureus, Haemophilus influenzae dan Klebsiella pneumoniae. Namun penyakit ini bisa juga terjadi akibat sejumlah kuman yang resisten terhadap antibiotik dalam proses mendapatkan kesehatan.

Pneumonia di bedakan menjadi 2 tipe yaitu Bronchopneumonia dan Lobar Pneumonia. Kedua tipe ini seringkali disebabkan oleh virus dan bakteri yang berada disekitar kita.

  • Bronchopneumonia

Sering juga disebut Bronchial Pneumonia, merupakan peradangan para paru-paru yang menyebar dan membentuk bercak-bercak infitiat di aveolus – bronkiolus terminalis yang sebelumnya di dahului oleh ISPA (Husain A, 1985). Penyakit ini mempengaruhi paru-paru dan bronkus. Jika disebabkan oleh virus biasanya penyakit ini tidak terlalu parah. Penyakit ini dapat disebabkan oleh:

  1. Bakteri :Diplokokus Pneumonia, Atapilococcus Pneumonia, Stapilococcus Hemolitikus
  2. Virus : Virus Influenza, Para Influenza Adono Virus, Miko Plasma Pneumonia
  3. Fungi :Aspegilus, Koksidiodomi, Histoplasma

Penyakit ini dapat menular melalui droplet imfection, makan dan minum yang telah terkontaminasi bakteri atau virus Bronchopneumonia dan peralatan pernafasan yang terkominasi. Biasanya penyakit ini di tandai dengan suhu tubuh yang meningkat hingga 39,5OC sampai 40,50OC, sulit bernafas, batuk dan nyeri di dada, Bunyi nafas, Muntah dan Diare pada anak.

  • Lobar Pneumonia

Bisa juga di sebut non-segmental Pneumonia, yaitu pola radiologi yang terkait dengan homogen, konsolidasi fibrinosupparative dari satu atau lebih lobus pada paru-paru sebagai respon terhadap bakteri Pneumonia. Penyakit ini menyerang lobus dan area yang luas pada paru-paru. Penyakit ini seringkali di sebabkan oleh:

  1. Streptococcus Pneumoniae / Pneumococcus
  2. Haemophilus Influenzae
  3. Moraxella Catarrhalis
  4. Mycobacterium Tuberculosis

Dalam proses pengobatannya penyebab seseorang terkena penyakit ini sangat penting untuk diketahu karena pola pengobatan di hubungkan dengan organisme tertentu serta dapat memilih antibiotik yang tepat. Pneumonia tipe ini seringkali menyerang bayi dan anakkecil, karena respon imunitas mereka belum terkembang dengan baik. Gejala penyakit ini tidak berbeda jauh dengan Bronchopneumonia, hanya saja batuk biasanya tidak terjadi di awal penyakit, namun setelah penyakit terus berlanjut.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0