Penyakit Jantung Bawaan Bisa Dicegah?

Jangan pernah mengira bahwa hanya orang yang sudah berusia lanjut saja yang bisa terkena masalah kesehatan pada jantungnya. Sebab siapapun bisa mengalaminya, bahkan bayi yang baru lahir sekalipun. Mungkin bagi Anda yang tidak mengalami masalah ini sejak lahir, bisa melakukan berbaga cara mencegah penyakit jantung. Namun hal ini tidak mungkin dilakukan pada penyakit jantung yang diderita sejak lahir, atau penyakit jantung bawaan.

penyakit jantung bawaanLalu, apakah penyakit jantung bawaan ini bisa dicegah? Sebenarnya tidak mudah untuk mencegahnya karena sebagian besar penyebab penyakit jantung bawaan ini tidak diketahui. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada hal apapun yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Ada beberapa hal yang diketahui menjadi penyebab sebagian kecil penyakit jantung bawaan, yaitu kebiasaan dan kondisi sekitar pada saat hamil.

Yap, pencegahan penyakit jantung bawaan ini memang harus dilakukan sejak masih berada dalam kandungan. Sebab kondisi kehamilan yang tidak sehatlah yang menyebabkan anak kemudian menderita penyakit jantung bawaan. Itulah sebabnya, Ibu sebaiknya menjaga kesehatan kehamilan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Tidak merokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok dan saat ini sedang hamil, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk Anda. Sebab menurut penelitian, ibu yang memiliki kebiasaan ini khususnya ditrimester pertama memiliki peluang lebih besar melahirkan anak dengan penyakit jantung bawaan dibandingkan dengan ibu tanpa kebiasaan merokok. Hal ini disebabkan racun pada rokok dapat membuat denyut jantung bayi berdetak di atas normal.

  • Tidak mengonsumsi obat

Eits, jangan keburu takut sampai-sampai tidak mau mengonsumsi obat dari dokter ya. Obat yang dimaksud adalah obat-obatan di luar resep dokter yang beredar dengan bebas dipasar. Mungkin jika Ibu sedang tidak hamil, mengonsumsi obat tersebut bukan masalah. Namun dalam kondisi hamil, apa yang Ibu konsumsi akan sangat berpengaruh pada janin.

  • Menjaga kebersihan lingkungan

Hal lain yang dapat meningkatkan peluang Ibu melahirkan bayi dengan penyakit jantung bawaan yaitu jika Ibu terserang virus TORCH (toksoplasma, rubela, cytomegalovirus/CMV dan herpes simplex). Untuk menghindarinya virus ini Ibu harus memastikan lingkungan selalu bersih dan juga jangan lupa untuk melakukan imunisasi sesuai kebutuhan.

  • Melakukan kontrol rutin

Langkah terakhir yaitu, Ibu harus melakukan kontrol secara rutin untuk memastikan bahwa kandungan berada dalam kondisi sehat. Kontrol rutin ini juga dapat mendeteksi adanya masalah pada kandungan sejak awal sehingga dapat segera dilakukan penanganan ketika ditemukan adanya masalah pada janin. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0