Pentingnya Higine dan Sanitasi Bagi Kesehatan

Banyaknya kasus gangguan kesehatan yang terjadi akibat rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk memperhatikan higine dan sanitasi membuat banyak pihak merasa kebingungan. Padahal higine dan sanitasi merupakan satu aspek kesehatan lingkungan yang juga berpengaruh pada Kesehatan Tubuh secara langsung. Bahkan banyak diantara kasus infeksi yang terjadi di masyarakat banyak diakibatkan oleh adanya kesadaran masyarakat yang rendah akan dua hal ini.

higienisSeharusnya banya hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan tingginya kasus gangguan kesehtaan tersebut. Bahkan dapat dilakukan mulai dari hal yang kecil sekalipun. Contohnya saja, dengan membuang sampah pada tempatnya, melakukan kerja bhakti lingkungan secara rutin pada selokan-selokan agar tidak sampai mampet serta menanam pepohonan di sekitar rumah. Selain itu, untuk ibu rumah tangga, anda juga bisa mengambil peran banyak dalam hal ini, mengingat banyak anak-anak yang sangat dekat dengan kedua orangtuanya khususnya seorang ibu. Ibu bisa membiasakan kepada anak-anaknya untuk selalu menjaga kesehatan, dengan mencuci tangan setelah melakukan segala aktivitas hingga sebelum dan sesudah makan. Hal ini tentu akan mengurangi angka infeksi jika rutin dilakukan. Cara yang paling tepat untuk diterapkan adalah dengan memberikan contoh kepada anak-anak. Karena anak-anak akan merekamnya dan mengikuti apa yang ibu lakukan.

Mari menjadi orangtua dan masyarakat yang peduli dengan Kesehatan Tubuh dan lingkungan kita demi masyarakat yang lebih baik.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0