Penting atau Tidak Sebuah Investasi?

Banyak orang yang menganggap investasi masa depan itu penting sehingga hal tersebut sudah dipersiapkan sejak dini. Bahkan sebelum berkeluarga, investasi ini sudah mulai dipikirkan. Akan tetapi, banyak juga yang masih menganggap bahwa hal ini tidak penting dan lebih baik jika uang yang ada dimanfaatkan terlebih dahulu untuk keperluan saat ini.

pentingnya investasiJadi sebenarnya, investasi ini penting atau tidak? Untuk Anda yang saat ini sedang bimbang apakah ingin berinvestasi atau tidak, coba pertimbangkan beberapa poin berikut ini terlebih dahulu:

  • Investasi masa depan artinya Anda mempersiapkan dana untuk keperluan masa depan Anda. Jika Anda memulai investasi sejak dini, maka jumlah dana yang akan Anda nikmati di masa mendatang bisa jadi akan semakin tinggi. Jadi, Anda tidak perlu merasa bingung dengan masalah keuangan ketika memasuki masa pensiun dimana Anda tidak lagi bisa mencari penghasilan.
  • Beberapa jenis investasi memberikan manfaat tidak hanya jangka panjang saja, tetapi juga bisa menjadi tambahan penghasilan jika Anda memilih investasi yang tepat.
  • Investasi memiliki risiko, artinya Anda harus waspada saat memilih untuk berinvestasi. Jangan hanya melihat keuntungan saja saat memilih karena keuntungan akan selalu berbanding lurus dengan risiko. Semakin tinggi keuntungan yang Anda inginkan maka bersiaplah juga untuk mengalami banyak kerugian jika investasi yang dilakukan gagal.
  • Saat berinvestasi ada uang yang harus Anda siapkan untuk diendapkan. Maksudnya, jika Anda memiliki uang 10juta rupiah dan menggunakan 2 juta rupiah untuk investasi, Anda harus siap menganggap bahwa uang tersebut tidak ada. Senbab pada awal investasi biasanya Anda belum bisa menikmati hasil apapun. Tidak hanya itu saja, seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa investasi memiliki risiko, artinya Anda juga harus siap kehilangan uang 2 juta rupiah tersebut. Oleh sebab itu, lebih mudah jika Anda menganggap bahwa uang yang Anda investasikan tersebut tidak pernah ada.

Saat ini sudah cukup banyak lembaga investasi yang bisa membantu mengelola dana investor yang masih awam. Namun berhati-hatilah karena tidak semua lembaga ini benar-benar bekerja profesional, bisa jadi mereka justru penipu yang berkedok investasi. Jadi, tetap selalu waspada ya. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0