Pemberian ASI

ASI merupakan salah satu faktor penentu kesehatan anak yang paling utama sehingga sangat penting. Pemberian ASI diwajibkan dari mulai anak lahir sampai anak tersebut berusia 2 tahun. ASI yang pertama diberikan berwarna putih kekuningan dan dipercaya mengandung daya tahan tubuh yang sangat besar sehingga dianjurkan untuk tidak membuangnya. Terkadang ada sebagian ibu yang menganggap ASI tersebut kotor karena warnanya yang tidak biasa.

bayi menyusuiKebetulan saya seorang wanita yang pernah melahirkan sehingga ada banyak pengalaman yang saya rasakan ketika itu. Saat pertama menyusui saya juga sebelumnya ingin membuang ASI pertama saya karena melihat warnanya yang tidak terlalu jernih. Untungnya ada Dokter yang mendampingi saya sehingga dia memberi tahu kepada saya pentingnya cairan ASI tersebut. Manfaat dari ASI yang pertama itu memang terbukti pada anak saya yang Alhamdulillah dia jarang sekali sakit.

Sistem kekebalan tubuh pada anak tentu harus sangat kuat mengingat anak-anak masih memiliki kondisi tubuh yang sensitif. Bagi anda para calon ibu pesan dari saya jangan sampai membuang ASI yang pertama keluar karena itu sangatlah berharga. Sejak lahir anak saya terlahir sehat dan sampai saat ini pertumbuhannya juga baik. berat badannya naik setiap bulannya dengan ditandai garis meningkat di buku KMS. Selain itu dia juga mengalami perkembangan yang baik sesuai dengan perkembangan anak seusianya.

Pemberian ASI sampai anak 2 tahun sangatlah penting apalagi pada usia anak 6 bulan pertama. Tidak ada asupan lain yang bisa ia konsumsi selain ASI di usia tersebut karena pencernaannya masih belum kuat untuk mencerna makanan. Pencernaan tentu saja sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan anak bahkan orang dewasa sekalipun. Jika dibiasakan merawatnya dari kecil maka ia juga akan tumbuh sehat dan dapat mengatur pola makannya dengan baik sampai ia dewasa nanti.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0