Pelumas Untuk Alat Berat

Sektor konstruksi, pembangunan, dan pertambangan sangat bergantung pada industri alat berat. Hal ini disebabkan karena alat berat turut membantu mempermudah sektor-sektor tersebut dalam proses pembangunannya. Tentunya, penggunaan alat berat pun semakin dibutuhkan di dalam sektor ini. Dengan penggunaan yang semakin intensif, alat berat yang tersedia pun harus menjalani perawatan yang berkala agar mesin tetap awet, termasuk kebutuhan akan suku cadang alat berat.

Oli alat beratSalah satu cara termudah untuk menjaga keefektifan mesin adalah dengan menggunakan pelumas yang tepat. Pemakaian oli berfungsi untuk mengoptimalkan pengoperasian alat berat. Banyaknya pilihan oli yang ada di pasaran membuat kita sering bingung untuk memilih jenis oli apa yang baik untuk alat berat kita. Untuk itu, kita harus mengenali spesifikasi kendaraan alat berat yang kita miliki, seperti apa karakternya, dan hal-hal yang dibutuhkan oleh alat berat kita. Ini akan membantu kita untuk menentukan jenis oli apa yang terbaik. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih oli untuk alat berat.

  • Pilih pelumas atau oli yang memiliki kemampuan memindahkan panas dan mencegah korosi. Fungsi utama dari oli adalah untuk mencegah korosi pada komponen mesin dan memindahkan panas sehingga mesin tetap dingin. Sebelum membeli oli, cek terlebih dahulu sepesifikasinya apakah oli tersebut mampu dan cocok untuk mesin alat berat kita.
  • Gunakan pelumas dengan viskositas yang tepat. Minyak pelumas yang dipakai harus mempunyai viskositas yang tepat untuk menjamin pelumasan yang baik pada mesin. Baik SAE 30 atau SAE10W dapat digunakan tergantung dari temperatur atmosfir, karena viskositas berubah-ubah tergantung dari suhu.
  • Pilih pelumas untuk alat berat yang mampu membersihkan sisa pembakaran. Proses pembakaran yang terjadi saat mesin beroperasi akan menghasilkan kerak yang bisa membuat komponen penting menjadi aus. Kerak-kerak tersebut akan menempel pada dinding mesin dan berpotensi untuk merusak komponen mesin. Untuk itu, alat berat kita membutuhkan oli yang dapat menghancurkan dan menghilangkan jelaga.
  • Pilih oli yang dapat melindungi mesin dan memperpanjang umur mesin. Tidak jauh berbeda dengan fungsi oli pada kendaraan bermotor, pelumas pada alat berat pun berfungsi untuk melindungi mesin.
  • Oli anti busa. Carilah oli yang anti foam alias anti busa. Pasalnya, busa dapat menghambat gerakan komponen mesin karena menjadi penghalang antara oli dengan permukaan logam. Akibatnya, kinerja oli menjadi tidak maksimal dan dapat membuat sistem hidrolik menjadi low power.
  • Berhati-hati dengan oli palsu atau daur ulang yang kualitasnya sangat jauh di bawah standar mutu. Jangan tergiur oleh harga yang miring, namun selisih harga tersebut tidak akan terbayarkan oleh kerugian mesin yang rusak akibat penggunaan oli di bawah standar mutu.
Share on Facebook0Share on Google+1Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0