Pastikan 2 Hal soal Parkir ini di Apartemen

Apartemen Iin mulai banyak dilirik sebagai salah satu pilihan hunian bagi banyak orang. Apartemen banyak dicari karena letaknya yang dirasa strategis, dan juga memiliki fasilitas yang lengkap daripada rumah tapak biasa.

Walau begitu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika memutuskan akan menjadikan apartemen sebagai pilihan hunian. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan lahan parkir di apartemen.

Apakah anda membeli atau sewa apartemen, pastikan bahwa anda memiliki lahan parkir yang tersedia. Hal ini perlu dilakukan karena ketersediaan lahan parkir ini kerap kali menjadi masalah tersendiri bagi penghuni apartemen.

parkiran-mobilBukan hanya masalah lahan, terkadang juga ada maslah mengenai akses keluar masuk lahan parkir di apartemen. Hal ini mungkin terlihat sepele. Tapi, bayangkan jika dalam waktu yang hampir bersamaan, seluruh penghuni apartemen ingin masuk atau keluar, pastinya akan terjadi kemacetan di dalam kompleks apartemen.

Perhatikan beberapa hal berikut ini:

Rasio Parkir

Banyak apartemen yang tidak didesain dengan menyediakan lahan parkir yang cukup. Hal ini karena pengembang biasanya mendesain dengan dilema ketersediaan lahan, dan pembengkakan dari harga jual apartemen sendiri.

Idealnya, lahan parkir yang tersedia di apartemen adalah 1:1 dalam artian, satu unit apartemen, mendapatkan satu lahan parkir. Untuk rumah susun, idealnya adalah 1:10.

Tidak hanya itu, bisa juga menghitung kesesuaian lahan ideal untuk parkir apartemen dengan contoh:

Lebih dari 150 m2, 1 mobil/1 unit apartemen

50 – 150 m2, 1 mobil/2 unit apartemen

Kurang dari 50 m2, 1 mobil/5 unit apartemen

Standar luas lahan parkir ini sendiri sudah diatur dalam aturan Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan. Di bangunan parkir, ditetapkan seluas 25 meter2 untuk 1 mobil. Jadi, paling tidak, 1 mobil membutuhkan lahan sekitar 2,2 meter dan panjangnya mencapai 4,5 meter untuk posisi tegak lurus. Dan sekitar 2,25 m dan 6 m pada posisi sejajar.

Biaya Parkir

Jangan lupa pula untuk memperhatikan biaya parkir apartemen. Karena biasanya, ada apartemen yang membebankan biaya parkir kepada penghuninya. Biasanya mereka akan membebankan secara bulanan. Biaya ini digunakan untuk operasional keamanan lahan parkir.

Jadi pastikan besaran biaya parkir per ban yang harus dibayarkan kepada pengembang sebelum membeli atau menyewa apartemen.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0