Panel Instrumen di Mobil yang Berkaitan dengan Keselamatan

Saat mengendarai sebuah mobil, kamu nggak cuma dituntut untuk paham bagaimana cara membuat mobil tersebut dapat berjalan saja. Kamu juga harus paham berbagai hal penting yang menyertainya, misalnya aturan dalam berlalu lintas, mengerti beberapa ciri ada yang tidak beres pada mobil, cara perawatan mobil, serta yang tidak kalah pentingnya yaitu pahami arti lambang pada panel instrumen mobil. Sayangnya, meskipun sebenarnya poin terakhir ini sangat penting, namun banyak pengemudi mobil yang tidak paham dan mengabaikannya begitu saja.

panel-indikator-mobilKetika menyala, beberapa panel lambang instrumen mobil ini mengindikasikan adanya masalah pada salah satu komponen mobil. Misalnya, jika ada kebocoran oli, sistem kelistrikan bermasala, dan berbagai hal lainnya. Namun, dengan semakin banyaknya masyarakat yang mulai peduli dengan safety riding, membuat perusahaan otomotif juga melengkapi panel instrumen ini dengan beberapa hal yang terkait dengan keselamatan pengendara, antara lain:

  • Pintu (Door)

Lampu ini berfungsi untuk memberikan peringatan pada pngendara, bahwa ada salah satu pintu yang belum tertutup dengan rapat. Sebenarnya, hal ini juga bisa diketahui melalui lampu yang berada pada tengah mobil, dengan mengaturnya ke posisi “door”. Sehingga, selama ada pintu yang tidak tertutup rapat, lampu tengah ini akan menyala. Namun, banyak orang yang lupa tidak mengaturnya ke posisi “door” setelah menggunakannya untuk membantu penerangan dalam mobil. Akibatnya, mereka tidak menyadari bahwa ada pintu yang tidak tertutup rapat. Namun, dengan adanya lampu indikator ini pengendara akan selalu tahu jika ada pintu yang belum tertutup.

  • Sabuk pengaman (Safety belt)

Lampu indikator ini akan selalu menyala selama pengendara tidak menggunakan sabuk pengamannya dengan benar. Sebab, sabuk pengaman ini merupakan salah satu alat keselamatan saat di mobil, sehingga sangat penting untuk digunakan kemanapun berkendara. Bahkan, beberapa mobil juga melengkapi peringatan ini dengan bunyi alarm, yang pastinya akan membuat pengendara merasa risih.

  • Airbag

Sebagian besar mobil saat ini dilengkapi dengan fasilitas airbag sebagai alat keselamatan ketika terjadi benturan. Airbag ini akan tetap tersimpan di bagian dalam mobil selama mobil tidak mengalami benturan. Sehingga, akan sulit untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak pada komponen ini. Namun, hal ini dapat diketahui pada beberapa mobil yang melengkapi panel instrumennya dengan indikator airbag. Lampu ini akan menyala, ketika terdapat suatu masalah pada sistem kerja airbag ini. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0