Oli Mesin dan Oli Samping

Untuk para pengguna kendaraan beroda dua yang baru diproduksi tahun 2000 ke atas, mungkin sudah sangat kenal dengan oli mesin. Wajar saja, karena mereka wajib untuk menggantinya setiap beberapa saat sekali. Akan tetapi, mereka mungkin tidak atau jarang mengenal yang namanya oli samping. Bahkan, mereka juga tidak mungkin tidak peduli brand apa yang memiliki oli samping terbaik. Yah, kenal juga tidak, jadi kenapa repot-repot memikirkan brand yang terbaik.

oli mesin mobilSebenarnya, wajar saja mereka tidak mengenalnya, karena oli samping memang tidak digunakan pada kendaraan produksi baru, atau bisa dikatakan motor 4tak. Apalagi, pada kendaraan roda empat. Karena itulah, pemilik kendaraan roda empat atau mobil biasanya hanya terfokus untuk mengganti oli mesin sebagai persiapan saat akan menjual mobil. Jadi, sebenarnya oli samping ini apa yah?

Oli samping, hanya digunakan untuk motor 2tak, motor vespa atau motor-motor tertentu. Lalu, kenapa  dinamakan oli samping? Jawabannya sederhana, karena biasanya tabung tempat penyimpanan oli ini berada dibagian samping motor. Nah, pertanyaan selanjutnya, apa yah bedanya oli mesin yang biasa digunakan pada berbagai kendaraan dengan oli samping? Langsung kita bahas saja yuk.

Fungsi dasar dari kedua jenis oli ini sebenarnya sama saja, yaitu sebagai pelumas mesin. Hanya saja, jenis kendaraannya yang menggunakannya lah yang berbeda. Pada motor 4tak, oli mesin berfungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin. Sehingga, kamu hanya perlu mengganti satu oli saja setiap kali melakukan perawatan. Kecuali, untuk motor matic yang juga membutuhkan sebuah oli lain, yaitu oli matic. Namun, pada motor 2tak oli mesin ini tidak dapat melumasi seluruh bagian mesin, khususnya pada bagian silinder motor. Karena itulah, motor jenis ini membutuhkan sebuah oli lain untuk melumasi bagian yang tidak dilumasi oleh oli mesin.

Perbedaan lain dari kedua jenis oli ini yaitu, jika oli mesin tidak akan habis (kecuali bocor) dan hanya mengalami perubahan kualitas, oli samping ini semakin lama akan semakin habis karena ikut terbakar. Karena itulah, bagi para pengguna motor 2tak, pastikan bahwa oli samping pada motor masih ada sebelum berkendara. Apalagi, bagian silinder pada mesin 2tak yang dilumasi oleh oli ini terus bergerak dengan cepat. Sehingga oli ini memegang peran yang sangat penting sekali untuk memastikan keawetan mesin motor.

Jadi, jelas kan perbedaan antara kedua oli tersebut? (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0