Nama Minuman Tradisional Aneh Asal Jawa Tengah

Anda harus buktikan sendiri bagaimana rasanya minuman tradisional yang namanya aneh dari Jawa Tengah. Ada yang terdengar menjijikkan. Ada juga yang tampilannya tidak seperti sebuah minuman.

Akan tetapi, minuman khas Jawa Tengah ini sangat berkhasiat. Hal ini terbukti minuman ini banyak dinikmati hingga generasi modern saat ini. Hanya saja, nama dan juga penampilannya saja yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan berbagai minuman sekarang ini.

Wedang Coro
Anda tahu coro? Coro adalah Bahasa Jawa dari kecoa. Jadi, Wedang Coro bisa dibahasa Indonesia kan menjadi minuman coro. Apakah ini minuman yang salah satu bahannya adalah kecoa? Ternyata tidak. Coro hanya nama saja. Pada dasarnya, ini merupakan minuman asli Jawa Tengah yang dibuat dari campuran santan, gula merah, kayu manis, cengkeh, serta berbagai rempah-rempah lainnya.

Wedang ini benar-benar hidangan yang cocok untuk disajikan di malam hari yang dingin karena ada jahe yang menjadi salah satu bahan untuk membuat Wedang Coro ini.
Tertarik untuk mencoba minuman ini? Ada yang bilang wedang ini berasal dari Kota Pati. Hanya saja, sudah tidak banyak warung yang menyediakan wedang ini. Tapi, Anda bisa coba di beberapa daerah Jawa Tengah yang lain yang masih mempertahankan berbagai warisan orang terdahulu seperti Jogjakarta dan Solo.

minuman-wedang-uwuhWedang Uwuh
Minuman yang satu ini tidak hanya terdengar menjijikkan. Dilhat dari tampilannya saja, mungkin Anda tidak mau minuman yang satu ini. Uwuh itu artinya sampah. Jadi Wedang Uwuh itu minuman sampah. Nama ini dipakai karena memang tampilannya seperti sampah. Air hangat dimasukkan ke dalam satu gelas besar kemudian berbagai rempah-rempah dicampur adukkan sehingga terlihat seperti sampah.

Akan tetapi, tidak perlu Anda ragukan lagi khasiatnya. Lihat saja rempah-rempah yang digunakan seperti daun pala, renting cengkeh, jahe, kayu manis dan kayu secang, gula batu, dan berbagai rempah-rempah lainnya.

Masih banyak warung di Jogjakarta yang menyediakan minuman ini. Bahkan, beberapa restoran mewah yang mengusung budaya Jawa juga menyedikan minuman ini untuk para tamu yang menginap di sana. Yang pasti, minuman semacam ini jelas tidak berbahaya. Bahan yang digunakan sangat alami, sama sekali tidak ada zat kimia.
Hanya saja nama atau tampilannya yang berbeda. Kapan Anda mau coba minuman tradisional asal Jawa Tengah tersebut?

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0