Mudik dengan Kendaraan Pribadi atau Kendaraan Umum ya?

Mudik dengan kendaraan pribadi, tentulah lebih melelahkan dibandingkan dengan naik transportasi umum. Sudah pasti kan, karena kamu atau salah seorang anggota keluarga yang ikut mudik pasti harus menyetir. Padahal, kondisi jalanan saat perjalanan mudik jauh lebih berat daripada kondisi jalanan normal. Inilah yang terkadang menjadi penyebab banyak orang memutuskan untuk mendaftar asuransi perjalanan sebagai persiapan seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik. Kondisi perjalanan yang sangat berat ini juga lah, yang terkadang membuat seseorang merasa  kapok membawa kendaraan pribadi dan akhirnya memutuskan untuk memilih mudik dengan transportasi umum.

mudik lebaranMemang, mana yang lebih baik sih, kendaraan pribadi atau kendaraan umum yah untuk mudik? Yuk, kita bahas bersama keuntungan dan kekurangannya.

Jika kamu mudik dengan kendaraan pribadi, kamu akan bisa lebih fleksibel dalam menentukan semua hal. Dari mulai kapan kamu mau berangkat, misalnya tanggal, jam dan lainnya. Kamu juga bisa lebih bebas membawa berbagai macam barang, apalagi jika kamu mudik dengan membawa mobil. Selama masih muat masuk ke dalam bagasi, kamu masih bisa membawa berbagai barang lainnya. Kamu juga bisa berhenti dimanapun kamu mau, asal disekitar situ kamu bisa memakirkan kendaraan. Misalnya ketika kamu ingin ke toilet, kamu bisa langsung mencari pombensin ataupun masjid terdekat dan berhenti di sana. Saat kamu merasa lelah dan ingin meluruskan badan sejenak, kamu juga bisa menghentikan kendaraan di suatu tempat dan beristirahat sejenak.

Namun, bukan berarti tidak ada kerugian dari mudik dengan kendaraan pribadi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu harus memiliki mental dan fisik yang kuat untuk menghadapi kondisi perjalanan. Saat dalam perjalanan, kamu mungkin akan menemui kondisi macet yang sangat panjang. Bahkan, ada yang harus menempuh perjalanan dalam waktu beberapa hari loh saat mudik. Bisa kebayang dong bagaimana lelahnya. Nah, jika kamu mudik menggunakan kendaraan umum, kamu nggak akan merasa terlalu lelah karena kamu nggak mengendarainya sendiri. Kamu bisa beristirahat atau tidur sepanjang perjalanan. Apalagi jika kamu mudik dengan menggunakan kereta atau pesawat, nggak perlu tuh yang namanya khawatir kamu akan terjebak kemacetan hingga berhari-hari.

Akan tetapi, mudik dengan kendaraan umum artinya kamu harus menyiapkan budget cukup besar, apalagi jika yang ikut dalam perjalanan berjumlah banyak. Biasanya dan memang hampir bisa dipastikan akan ada kenaikan harga tiket pada saat lebaran. Jadi, jika kamu memang berencana mudik rombongan, akan lebih hemat jika kamu membawa kendaraan pribadi. Namun, jika kamu hanya pergi sendirian, tentulah menggunakan kendaraan umum akan lebih hemat dan mudah.

Jadi, mana yang lebih kamu pilih untuk mudik? (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0