Mobil Mogok Saat Banjir, Coba Lakukan Ini!

Saat menerjang banjir di jalan, pernah gak sih mobil kamu mogok padahal sudah menggunakan oli mesin terbaik yang masuk ke dalam daftar harga oli mesin super mahal yang dijual di dealer kendaraan? Jika pernah, tentu kondisi ini bisa membuatmu panik, bukan? Nah, mulai dari sekarang kamu tidak harus panik ketika mobil mogok ketika menerjang banjir di jalan, sebab hanya mengikuti beberapa saran yang kami rekomendasikan di artikel ini. Maka, mobil mogok akibat banjir pun bukan lagi menjadi masalah besar buatmu.

mobil kebanjiranBerikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika mobil mogok akibat dari menerjang banjir di kala hujan, hasil kutipan dari situs modifikasi.com. Simak, deh!

  1. Saat mobil mati ketika memaksakan diri masuk ke dalam genangan air di jalanan yang banjir, maka hal pertama yang baiknya dilakukan adalah mencoba untuk menghidupkan kembali mobil tersebut dengan cara menstarter-nya. Namun, saat menstarter ini pastikan kamu melakukannya dengan sangat hati-hati. Sebab jika tidak bisa merusak komponen bagian dalam mobil.
  2. Nah, jika mobil sudah distarter masih tetap mati, selanjutnya yang bisa kamu coba ialah keluar dari mobil dan mendorongnya ke tempat yang kering. Ini dilakukan supaya genangan air banjir tidak makin masuk ke dalam bagian komponen mobil. Apabila kamu tidak memiliki tenaga untuk mendorongnya sendiri, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada orang lain.
  3. Setelah itu, kamu bisa langsung membuka kap mesin dalam mobil. Jika ada komponen yang basah khususnya untuk komponen kelistrikan cobalah untuk mengeringkannya dengan lap kering, tissue, koran, dan kain.
  4. Selanjutnya, coba untuk menyalakan kembali mobil tersebut secara perlahan. Bila tetap tidak bisa menyala, langsung cek komponen pengapian yang ada pada mobil. Pastikan komponen seperti busi, distributor, dan platina tidak kemasukan air. Sebab, jika komponen ini dimasuki oleh banyak air maka bisa membuat mobil tidak mau kembali menyala. Untuk itu, cobalah keringkan komponen ini dengan lap kering dan sebagainya.
  5. Apabila ini sudah dicek biasanya mobil pun sudah bisa dinyalakan kembali. Meskipun mobil sudah menyala, jangan lupa untuk membawanya segera ke bengkel terdekat. Ini dilakukan untuk mengantisipasi agar komponen dalam mobil tidak rusak.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba apabila mobil mogok ketika menerjang banjir di jalan. Semoga bermanfaat! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0