Metode Penipuan Mengatasnamakan Investasi Menguntungkan

Siapa sih yang nggak mau punya banyak uang. Atau, tetap hidup enak meskipun sudah tidak lagi bekerja. Hal inilah, yang membuat banyak sekali masyarakat tertarik untuk mengikuti beragam investasi menguntungkan. Meskipun mungkin mereka belum dapat menikmati hasilnya saat ini, namun bayangan keuntungan yang mereka dapat dimasa pensiun nanti membuat mereka tidak ragu untuk mengeluarkan uang.

Penipuan Berkedok InvestasiYap, menginvestasikan penghasilan kita di masa muda atau saat usia produktif memang akan memberikan kita beragam manfaat dimasa depan nanti. Khususnya, ketika usia kita tidak lagi dapat aktif bekerja. Sayangnya, banyak oknum tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan hal ini untuk meraup keuntungan pribadi. Bahkan, tidak jarang mereka berani untuk mengeluarkan nominal uang dalam jumlah tidak sedikit untuk menarik minat korban, sebelum akhirnya menjebak korbannya.

Berikut ini, adalah beberapa metode penipuan yang mengatasnamakan investasi menguntungkan atau lebih dikenal dengan investasi bodong :

Money Game

Pernah mendengar atau mengenal sistem money game? Bentuknya seperti penawaran investasi dengan sistem mirip MLM hanya saja tidak ada produk apapun yang dijual? Berhati-hatilah, karena mungkin yang ditawarkan sebenarnya adalah sistem investasi dengan pyramid scheme. Untuk sistem kerjanya, investor akan menyetor uang ke rekening milik manajemen investasi ini, dan kemudian investor harus memasarkan investasi ini pada investor lain. Investor lama tersebut kemudian akan mendapatkan keuntungan setiap mendapat investor baru. Namun, keuntungan ini didapatkan dari uang yang ditransfer oleh investor baru tersebut.

Investasi Bisnis

Dengan berpura-pura ingin membuka sebuah usaha baru, para penipu ini akan mencari calon investor yang ingin menanamkan modalnya pada usaha tersebut. Agak sulit untuk mendeteksi penipuan dengan sistem ini, karena tidak jarang orang yang ditipu justru adalah kerabat. Artinya, Anda sudah mengenalnya dengan baik namun ternyata kerabat Anda tersebut justru membawa kabur uang Anda.

Investasi Saham

Menawarkan saham dari suatu perusahaan tertentu, dengan menjanjikan keuntungan dalam jumlah yang tidak sedikit. Namun, sebenarnya perusahaan yang ditawarkan tersebut terkadang hanyalah sebuah perusahaan fiktif.

Sebenarnya, masih ada beberapa metode penipuan lainnya. Intinya, Anda sebagai calon investorlah yang harus waspada agar tidak menjadi korban investasi penipu seperti ini. (Vita)

Share on Facebook1Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0