Merawat Motor RX King Lama

Beberapa puluh tahun yang lalu, masyarakat Indonesia pernah tergila-gila dengan motor Yamaha RX King. Motor ini merajai jalanan di ibukota hingga ke pelosok daerah, dan sering dijadikan sebagai pilihan motor untuk kebutuhan syuting film dan sebagainya. Ketika itu, RX King merupakan idola di dunia otomotif dan kejayaannya sempat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Alasannya tidak lain karena modelnya yang tangguh dan kokoh dengan perawatan yang tidak terlalu sulit. Namun, kejayaan motor RX King ini perlahan-lahan memudar, digantikan dengan model motor-motor lain yang tak kalah menariknya. Bagi Anda yang masih menggunakan motor ini hingga sekarang, tentunya membutuhkan perawatan ekstra yang tak bisa disepelekan. Ada beberapa komponen yang harus dicek, sama halnya seperti pengecekan pada komponen motor vespa lama.

  1. motor-yamaha-rx-kingMesin motor. Berbeda dengan motor-motor yang marak digunakan di masa sekarang, RX King merupakan motor bermesin 2-tak yang beroperasi dengan dua oli, yaitu oli mesin dan oli samping. Meskipun ada kepercayaan bahwa mesin motor 2-tak tidak memerlukan perhatian ekstra dalam hal perawatan, namun Anda harus tetap berhati-hati dengan terus memeriksa mesin motor secara berkala.
  2. Sebagai salah satu komponen bahan bakar, setelan karburator wajib diatur sedemikian rupa agar sesuai. Cara menyetel karburator bisa dilihat dari warna ujung busi yang ada di ruang bakar. Jika warnanya merah bata, itu artinya setelah karburator sudah sesuai. Namun jika warnanya kehitaman, itu artinya setelah karburator basah dan jika putih, artinya karburator kering. Untuk membuat setelan yang sesuai, Anda bisa memutar sekrup udara dan juga memutar sekrup setelan gas.
  3. Saringan udara. Berbeda dengan saringan udara di motor yang menggunakan kertas karton, saringan udara pada motor RX King masih menggunakan filter berbahan busa. Keuntungan menggunakan filter berbahan busa ini adalah saringannya lebih mudah dibersihkan dibanding yang berbahan kertas karton. Untuk mengetahui kapan saringan udara harus dibersihkan, bisa dengan melihat perubahan warna busa yang tadinya kuning menjadi kehitaman. Cara membersihkannya pun mudah, yakni dengan mencuci dengan air sabun dan dikeringkan dengan cara dipijat agar airnya keluar.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk merawat motor RX King lama Anda. Bagi yang memiliki  motor RX King, jangan lupa untuk mendapakan servis gratis nya. Biasanya setiap motor baru memiliki jangka waktu servis gratis. Pastikan motor RX King Anda bisa awet dalam waktu lama. Selamat mencoba, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0