Mengenal Meningitis dan Jenisnya

Meningitis merupakan salah satu penyakit yang saat ini cukup sering terdengar. Cukup banyak juga pemilik asuransi kesehatan yang memanfaatkan asuransinya untuk mengobati penyakit ini. Tidak hanya masyarakat umum saja, tetapi juga beberapa selebritis. Ini jugalah yang menyebabkan istilah meningitis akhirnya mulai banyak dikenal oleh masyarakat luas. Namun, banyak dari mereka yang belum paham tentang penyakit ini. Mereka hanya tahu, bahwa meningitis ini adalah radang selaput otak. Namun seperti apa pastinya, mereka juga belum paham.

meningitisMenurut situs medicalnewstoday, meningitis adalah sebuah infeksi yang relatif jarang terjadi pada meninges (nama kolektif untuk tiga membran yang menutup otak dan sumsum tulang belakang). Penyebabnya sendiri, biasanya adalah akibat adanya infeksi bakteri atau virus pada anggota tubuh yang lain, misalnya seperti telinga, sinus, saluran pernapasan bagian atas, dan lainnya. Namun, selain itu bisa juga disebabkan karena adanya infeksi jamur, parasit, masalah pada autoimun, dan juga obat-obatan, meskipun untuk beberapa penyebab tersebut termasuk kategori jarang.

Menurut webmd, meningitis dapat dibagi ke dalam 3 jenis, yaitu bacterial meningitis, viral meningitis dan fungal meningitis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasannya:

  • Bacterial meningitis

Bisa dikatakan ini adalah jenis yang paling berbahaya dibandingkan dengan jenis lainnya. Sebab, jika tidak segera ditangani dengan cepat dan cara yang tepat, maka bisa menyebabkan kematian hanya dalam beberapa jam. Jika tidak separah itupun,bacterial meningitis ini setidaknya dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan organ lain dalam tubuh. Bahayanya lagi, bacterial meningitis ini dapat menular pada orang disekitarnya.

Ada beberapa jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit ini, namun yang paling umum yaitu Neisseria meningitidis (meningococcus) dan Streptococcuspneumoniae (pneumococcus) yang sering menyerang anak-anak atau orang dewasa, serta Listeria Monocytogenes yang umum menyerang seseorang lanjut usia yang memiliki penurunan kekebalan tubuh.

  • Viral meningitis

Viral meningitis merupakan jenis yang lebih umum daripada bacterial meningitis. Selain itu, kondisi ini cenderung tidak separah bacterial meningitis, meskipun tidak selalu. Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa jenis virus, termasuk virus yang dapat menyebabkan diare. Untuk dampak dari penyakit ini sendiri, ada yang mengalami kerusakan otak permanen meskipun telah sembuh, namun banyak juga yang berhasil sembuh total.

  • Fungal meningitis

Untuk fungal sendiri bisa dikatakan sangat jarang terjadi, karena jarang menyerang seseorang dalam kondisi sehat. Biasanya, fungal meningitis ini menyerang seseorang yang sedang mengalami gangguan fungsi kekebalan tubuh, seperti pasien HIV AIDS. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0