Mengenal Jenis Lensa Kamera SLR

Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia tidak hanya menjual kamera saja, namun perlengkapan seperti lensa kamera, tripod, dan lain-lain. Lensa kamera banyak dibutuhkan oleh para fotografer, di mana banyak dari fotografer tersebut membutuhkan lebih dari 1 jenis lensa. Oleh karena ini Mengenal Jenis Lensa Kamera SLR tentu nya diperlukan untuk memudahkan Anda dalam memilih lensa kamera SLR sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Lensa Kamera SLRMengenal Jenis Lensa Kamera SLR tentu nya tidak mudah, karena banyak jenis lensa yang beredar di pasaran dengan merk, jenis, dan fungsi yang beragam. Namun sebagian besar fotografer Indonesia lebih mengenal jenis lensa kamera SLR seperti di bawah ini :

  • Lensa Normal

Lensa normal merupakan lensa kamera yang mampu menghasilkan gambar natural. Hal ini jika dibandingkan dengan beberapa jenis lensa kamera lain, di mana lensa normal memiliki keunggulan dalam pengambilan sebuah objek. Biasa nya lensa normal ini dikategorikan sebagai lensa primer atau utama dalam sebuah kamera SLR.

  • Lensa Wide-Angel

Lensa Wide-Angel ini terkadang disebut sebagai lensa lebar, di mana sudut pandang yang dihasilkan cukup lebar bahkan mampu mendekati hingga 180 derajat. Dalam penggunaannya, lensa ini sering sekali digunakan untuk mengambil gambar sebuah ruangan yang sempit. Atau bisa juga digunakan untuk mengambil gambar objek berupa benda secara utuh dengan jarak yang cukup dekat.

  • Lensa Makro

Lensa jenis ini mempunyai ukuran 50mm, 90mm, atau sampai dengan 10mm. Lensa makro ini sangat cocok dan biasa digunakan untuk memotret objek gambar dalam jarak sangat dekat. Namun bisa juga digunakan untuk memotret jarak jauh, namun tingkat ketajaman gambar nya sedikit lebih rendah dibandingkan dengan jenis lensa kamera lainnya.

  • Lensa Zoom

Lensa kamera SLR jenis ini didesain dan dirancang khusus dengan memiliki beberapa sudut pandang yang berbeda. Lenza zoom ini mempunyai beberagai macam jenis dan ukurannya, mulai dari ukuran yang kecil 2x zoom, 3x zoom dengan ukuran 70-200mm. Selain itu ada juga ukuran menengah 10x zoom (35-350mm), sampai dengan ukuran yang paling besar yaitu 12x zoom.

  • Lensa Telephoto

Lensa telephoto ini terkenal dengan kemampuannya dalam mengambil dan memperbesar objek yang jauh. Untuk jenis lensa ini banyak dan cocok dipakai untuk mengambil gambar khusus nya seperti sepakbola, formula 1, motor gp). Selain itu, lensa ini juga kerap digunakan untuk mengabadikan moment konser music, teater, atau orchestra, dan lain-lain.

  • Lensa Fisheye

Lensa fisheye dalam dunia fotografi merupakan lensa kamera jenis wide-angel dengan sudut pandang yang dihasilkan sangat ekstrim. Di mana area sudut pandang nya bisa melebihi dari 100 derajat bahkan melebihi 180 derajat. Pada awalnya lensa fisheye ini banyak digunakan untuk bidang astronomi atau biasa disebut whole-sky lenses. Namun kini lensa fisheye menjadi favorit di kalangan fotografer karena keunikan hasil dari objek yang diambil.

Namun bagaimana dengan kamera digital, apakah jenis kamera tersebut lebih bagus dari kamera SLR ? Tentunya itu harus dibuktikan dengan Mengenal Kamera Digital terlebih dahulu apalagi untuk para pemula dalam bidang fotografi. Karena penggunaan kamera tergantung dari kebutuhan setiap individu, Semoga bermanfaat! -apuy-

Share on Facebook1Share on Google+2Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0