Mengenal Istilah Flame dan Fire

Ada beberapa istilah dalam bahasa lain yang sebenarnya memiliki arti berbeda, namun hanya memiliki satu arti dalam bahasa Indonesia. Salah satu contohnya yaitu istilah flame dan fire. Jika kamu mencari ari kedua kata tersebut dalam kamus, kamu akan menemukan keduanya memiliki arti yang sama, yaitu api. Padahal, dalam sebuah kebakaran yang terjadi, pasti akan selalu disebabkan oleh adanya diawali dari fire, yang kemudian munculah flame. Dan ketika kebakaran terjadi, pastilah akan sangat merugikan sehingga ada baiknya jika kamu melindungi propertimu dengan asuransi kebakaran.

ApiDari kalimat di atas, sebenarnya bisa terlihat bahwa secara sederhana, flame merupakan bagian dari fire. Sebab, flame akan ada ketika ada fire, namun tidak selalu ketika ada fire selalu ada flame. Pengertian dari fire sendiri yaitu, oksidasi cepat dari sebuah material dalam proses kimia eksotermis dari pembakaran, mengeluarkan panas, cahaya dan berbagai macam reaksi lainnya. Proses oksidasi yang berjalan lambat, seperti karat atau pencernaan, tidak termasuk ke dalam definisi ini.

Sementara, flame adalah bagian yang terlihat dari fire. Flame ini akan muncul ketika proses fire sudah mencapai titik tertentu dalam reaksi pembakaran yang disebut titik pengapian. Kemunculan flame ini disebabkan oleh reaksi eksoterm yang tinggi pada zona tipis. Flame terdiri dari beberapa komponen zat, yaitu karbon dioksida, uap air, oksigen dan nitrogen. Jika flame ini memiliki suhu yang cukup panas, maka gas akan terionisasi untuk menghasilkan plasma. Tidak hanya itu saja, warna dan suhu flame juga bisa beragam. Namun ini bergantung pada zat substansinya dan juga zat disekitarnya. Warna dari flame dan intensitasnya juga akan dipengaruhi oleh kedua hal tersebut.

Fire digunakan untuk beberapa keperluan manusia, beberapa diantaranya yaitu:

  • Pembukaan lahan untuk pertanian (namun tidak disarankan jika sampai melakukan pembakaran hutan)
  • Memasak
  • Menghasilkan panas dan cahaya
  • Sebagai signal
  • Peleburan atau penempaan (Biasanya untuk memproduksi berbagai benda dari besi, kaca atau tanah liat)
  • Pembakaran limbah
  • Kremasi
  • Senjata atau mode pemusnah

Fire memang memiliki banyak manfaat bagi manusia, namun jika salah atau terjadi proses pembakaran secara berlebihan, maka justru akan berdampak negatif dan bahkan bisa berbahaya (misalnya terjadi kebakaran). (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0