Mengenal Independent Power Producer Indonesia (IPP)

Mungkin bagi kita sebagai orang awam, istilah Independent Power Producer (IPP) masih cukup asing di telinga kita. Namun bagi mereka yang merupakan penggiat energi yang terbarukan, IPP sudah tak asing lagi bagi mereka. Hampir setiap Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLMH) yang dibangun. Definisi dari independent power producer Indonesia sendiri adalah perusahaan swasta yang memproduksi listrik yang dibentuk oleh konsorsium guna melakukan perjanjian PPA dengan Perusahaan Listrik Negara atau disingkat PLN.

independent power producer IndonesiaSelama berpuluh-puluh tahun, listrik diklaim menjadi sumber daya nasional. Oleh karenanya pemerintah mengupayakan serta mengambil keuntungan dari listrik melalui PLN. Sedangkan pihak swasta hanya diberikan peran untuk menyediakan pembangkit atau yang juga dapat disebut dengan power plant kemudian PLN menyewa pembangkit tersebut untuk menghasilkan pasokan listrik. IPP sendiri sudah mulai familiar sedari tahun 1990-an. Salah satunya adalah PT. Paiton Energy yang melakukan PPA dengan PLN untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton di Jawa Timur dan hingga saat ini, PLTU tersebut masih beroperasi dan menjadi pemasok tenaga listrik Jawa-Bali.

Kemudian, pada UU no.30 tahun 2009 berkenaan ketenagalistrikan, swasta diperbolehkan untuk ikut berpartisipasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan pasokan listrik secara nasional. UU inilah yang melengkapi dan memperkuat dasar hukum bagi IPP Indonesia untuk mulai melakukan investasi dalam bidang energi. Perlu diketahui juga bahwa terdapat banyak rencana pembangunan power plant oleh IPP yang jadi mangkrak akibat krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998.

Sederhananya, IPP akan membangun power plant atau pembangkit listrik kemudian listrik yang dihasilkan akan dijual pada PLN yang merupakan distributor listrik tunggal di Indonesia yang akan disalurkan pada industri dan masyarakat luas. Tak heran jika saat ini makin banyak perusahaan swasta dan juga investor asing yang terlibat dalam proyek IPP ini. Salah satu  power plant Indonesia adalah Sewatama atau PT. Sumberdaya Sewatama yang juga menyediakan layanan jasa sewa genset dan load bank.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0