Mengenal 2 Jenis Ban Cadangan Pada Mobil

Ada berbagai jenis perawatan yang harus dilakukan oleh pemilik mobil. Misalnya menjaga kebersihannya, melakukan ganti oli mesin dengan oli mobil terbaik tepat waktu, mengganti beberapa komponen secara berkala jika dibutuhkan, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu perawatan pada ban cadangan. Yap, ban cadangan adalah salah satu komponen penting dan wajib ada di mobil, namun sayangnya justru sering terabaikan. Padahal, ban cadangan atau yang sering disebut dengan ban serep ini akan sangat bermanfaat saat tiba-tiba ban mobil Anda bermasalah diperjalanan.

ban cadangan mobilSesuai namanya, ban cadangan adalah ban tambahan yang tersedia di dalam mobil dan digunakan ketika salah satu dari ban utama mengalami masalah, seperti bocor. Posisi penyimpanan ban cadangan ini berbeda pada setiap mobil, ada yang tersimpan di bagasi bagian bawah, bagian belakang mobil, atau tergantung pada bagian bawah mobil. Meskipun fungsinya sebagai ban pengganti, tapi tahukah kamu kalau ternyata ban cadangan tidak selalu sama dengan ban utama yang digunakan?

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja kita bahas jenis ban cadangan berdasarkan ukurannya:

  • Full Size

Sesuai namanya, ban ini memiliki ukuran yang sama persis dengan ukuran ban utamanya. Namun, untuk ban cadangan seperti ini, bisa terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Full Size Matching Spare Tyre. Ban cadangan ini memiliki ukuran, velg, dan juga kembang yang sama persis dengan ban utama. Keuntungannya adalah, kamu tidak akan merasakan adanya perbedaan saat menggunakan ban cadangan ataupun tidak. Namun, kamu harus mengikutsertakan ban cadangan ini saat melakukan rotasi roda. Untuk arah rotasi rodanya, kamu bisa membacanya di buku manual. Hal ini penting agar kualitas semua roda tetap seimbang dan tidak ada yang menunjukkan ciri ban harus diganti lebih dulu dari yang lain.
  2. Full Size Non-Matching Spare Tyre. Ban cadangan ini memiliki ukuran yang sama dengan ban utama, tetapi velg dan kembangnya berbeda. Untuk ban cadangan ini, kamu tidak perlu mengikutsertakannya dalam rotasi ban, jadi lebih praktis. Namun, akan memengaruhi penampilan mobilmu karena velg yang digunakan biasanya velg biasa yang terlihat kurang menarik.
  • Space Saver

Sesuai namanya, ban ini ditujukan untuk menghemat tempat saat penyimpanan ketika belum digunakan. Inilah yang membuat ban ini memiliki ukuran lebih kecil daripada ban utama. Namun, karena ukurannya yang lebih kecil, membuat ban ini hanya bersifat temporary. Artinya, kamu hanya boleh menggunakannya di saat mendesak ketika ban utama mengalami masalah, dan segera menggantinya ketika masalah pada ban utama telah diatasi. Tidak hanya itu, ketika mobilmu sedang menggunakan ban cadangan ini, kamu juga memiliki batas kecepatan yang diizinkan demi keselamatan berkendara. Untuk batas kecepatannya, kamu bisa membacanya di buku manual.

Jadi, ban cadangan jenis apa yang digunakan pada mobil kesayanganmu? Yuk, coba dicek! (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0