Mengapa Air Merembes Ke Dinding

Dinding dirumah terdapat bercak air ? menggelembung ? itu biasanya terjadi karena adanya rembesan air yang masuk ke dinding. Keadaan dinding yang yang terkena rembesan air sangatlah mengganggu keindahan dari rumah. Selain itu tembok yang rembes akan membuat ruangan menjadi lembab karena adanya kandungan air di dalam dinding. Ada banyak penyebab yang dapat membuat dinding rembes oleh air. Berikut ini beberapa penyebab mengapa air merembes ke dinding.

tembok rembesPenggunaan bahan material kurang baik
Penggunaan bahan bangunan yang digunakan untuk membuat dinding sangat mempengaruhi kualitas dan kekuatan dari dinding tersebut. Pemilihan Cat Anti Bocor sangat penting dilakukan untuk mencegah rembesan. Selain pemilihan bahan yang baik, pemasangan dinding juga harus dilakukan dengan benar. Terjadi kesalahan dalam proses pemasangan dinding akan dapat membuat dinding menjadi rembes.

Jenis tanah
Jenis tanah pada bangunan sangat mempengaruhi kondisi dan kekuatan bangunan, terutama dinding. Kondisi tanah yang tidak padat akan dapat membuat pondasi bangunan mudah bergerak sehingga menyebabkan keretakan pada dinding. Dinding yang retak inilah yang dapat memudahkan air merembes kedalam dinding.

Saluran pipa air bocor
Saluran pipa air yang bocor dapat menyebabkan merembesnya air ke dinding. Oleh karena itu perlu diperhatikan pipa air terutama yang berada dibawah atau menempel dengan dinding. Segera perbaiki dan ganti pipa yang bocor untuk mencegah rembes yang semakin melebar dan besar.

Talang air
Talang merupakan salah satu penyebab merembesnya air ke dinding. pemasangan talang yang tidak benar dapat membuat air mengumpul dan luber sehingga mengenai dinding. Banyaknya sampah dapat menyumbat talang sehingga aliran air menjadi tidak lancar hingga terbendung.

Dinding belum diplester
Dinding bagian yang belum diplester akan membuat air mudah merembes kedalam dinding. Pemlesteran dinding bagian luar sangat penting untuk menjaga dan mencegah air tidak mudah merembes.

Dengan mengetahui beberapa penyebab merembesnya air ke dinding, kita dapat melakukan antisipasi agar dinding tidak rembes. Dinding akan semakin awet, kuat dan tentunya akan menambah keindahan rumah dengan warnanya.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0