Mendukung Perkembangan Psikologis Anak

Selain perkembangan fisik anak, perkembangan psikologi anak juga tidak kalah penting. Keadaan mental anak akan mempengaruhi bagaimana ia berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya, dan juga akan membangun kepribadian anak hingga besar nanti. Oleh karena itu, konsultasi anak online yang mengingatkan para orang tua untuk dapat menjaga agar perkembangan psikologis anak dapat berjalan dengan lancar tanpa masalah.

anak bermainBerikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu agar perkembangan psikologi anak tetap dapat berjalan lancar.

  • Perhatikanlah perilaku dan cara-cara anak berinteraksi dengan orang lain untuk mengenali kepribadiannya dan apakah ada hal-hal yang kurang sesuai di dalam perilaku anak.
  • Orang tua yang baik harus dapat menjadi figur panutan dan figur teman bagi anak. Tetapi, hal ini tidak boleh bercampur, dan batas yang jelas antara dua peran ini penting.
  • Menghabiskan waktu dengan anak jelas sangat penting, dan libatkanlah diri Anda di dalam kehidupan anak. Ini akan membuat anak lebih nyaman dalam mendiskusikan masalah-masalahnya dengan Anda. Jika Anda termasuk orang tua sibuk, telponlah anak sesekali pada saat kerja, dan gunakanlah akhir minggu untuk quality time dengan si buah hati.
  • Doronglah anak untuk menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Nasihatilah ia ketika berbuat salah, tetapi pujilah juga jika ia melakukan hal yang bertanggung jawab seperti membereskan mainan setelah bermain.
  • Dengarkanlah apa yang dikatakan anak, dan cobalah untuk memahami sudut pandang dan alasan-alasannya. Jangan langsung menghukum atau menyalahkan anak tanpa alasan, cobalah untuk mendiskusikan masalah yang terjadi dan jika anak memang harus dihukum, berikanlah alasan kenapa ia harus dihukum.
  • Sebagai orang tua, Anda juga harus membangun percaya diri pada anak. Jika ia sudah mulai sekolah, tanyalah anak mengenai hal-hal yang ia pelajari dan orang-orang yang ia temui untuk menunjukkan Anda peduli mengenai kehidupan sekolahnya. Ini akan mendukung anak untuk mau bercerita lebih lanjut.

Sebagai orang tua, dukungan kepada anak tentunya harus terus diberikan agar anak bisa berkembang menjadi pribadi yang baik dan berperilaku terpuji. Walaupun kesibukan orang tua sangat banyak, tidak ada salahnya untuk mengesampingkan pekerjaan sedikit untuk kebutuhan anak. Ketika orangtua menemukan ada sesuatu yang salah terkait psikologi anak, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter anak yang tepat agar masalah ini dapat segera teratasi. (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0