Membangun Bisnis Sambil Menjadi Karyawan

Bosan menjadi karyawan ? pasti hal tersebut sering atau pernah terlintas dipikiran kita yang bekerja menjadi karyawan. Ingin Membangun Bisnis dan memiliki bisnis atau usaha sendiri adalah sebuah tujuan yang ingin dilakukan disaat sudah bosan menjadi karyawan. Untuk membangun dan memiliki bisnis sendiri tentunya harus memiliki persiapan yang sangat matang mulai dari ide bisnis, analisa pasar, bahkan modal.

bisnis karyawanKetika kita melihat peluang bisnis didepan mata dan kita merasa sanggup untuk mengambilnya, pasti kita akan langsung mengambilnya tanpa memikirkan terlbih dahulu dengan matang. Resign atau berhenti berkerja sebagai karyawan menjadi hal pertama yang terlintas dipikiran. Padahal, jangan terburu – buru untuk berhenti dari pekerjaan, karena pekerjaan yang ada saat ini dapat menjadi batu loncatan dan support untuk bisnis yang akan dijalankan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat membangun bisnis namun dapat tetap bekerja sebagai karyawan.

Rubah persepsi

Kita pasti mengannggap pekerjaan yang ada sekarang ini sebagai penghambat kita untuk memulai melakukan bisnis. Pola pikiran atau persepsi seperti ini yang harus segera dirubah. Jangan pernah menganggap pekerjaan sekarang sebagai hambatan, karena pekerjaan yang sekarang dapat memberikan pemasukan yang digunakan untuk kebutuhan hidup bahkan untuk biaya bisnis baru yang akan dijalankan. Tetaplah bekerja dan anggaplah pekerjaan ini sebagai sumber daya yang dapat membantu berjalannya bisnis impian yang sedang dibangun.

Belajar Bisnis

Selama masih bekerja sebagai karyawan, sebaiknya manfaatkan dengan belajar tentang bisnis yang akan di jalankan. Tanyakan kepada teman / rekan kerja mengenai bisnis yang akan berjalan. Belajarlah kepada mereka yang mungkin memiliki pengalaman lebih mengenai bisnis. Disinilah saatnya untuk mencari guru yang dapat mengajarkan dan memberikan informasi yang belum tentu kita dapatkan pada saat sekolah.

Atur Keuangan

Hal terpenting yang harus bisa dilakukan oleh seorang pebisnis adalah mengatur keuangan dengan baik. Ketika menjadi bos dalam bisnis sendiri, kita harus dapat mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan finansial. Pemasukan, pengeluaran, aset serta kredit yang dimiliki harus diketahui dengan baik bagaimana nantinya semua itu akan berjalan. Pikirkan semua itu pada saat keuangan bisnis masih berjalan stabil dan masih menerima penghasilan dari gaji sebagai karyawan. Hingga suatu saat kita benar – benar yakin untuk berhenti dari tempat kita bekerja.

Sama seperti ketika kita memutuskan untuk bekerja sama dengan teman satu kantor untuk membuka sebuah bisnis. Maka mengatur keuangan menjadi salah satu Rumus Membangun Bisnis Dengan Teman, di mana ini merupakan hal yang sensitif ketika dibicarakan bersama.

Waktu Terbaik

Jangan terlalu cepat – cepat berhenti dari pekerjaan karena ingin mulai menjalankan bisnis sendiri. Hal yang tidak direncanakan secara matang dan detail akan membuat kita cepat jatuh dalam menjalankan bisnis. Namun jangan juga terlalu lama dalam memikirkannya. Gunakan waktu yang ada untuk memikirikan tentang bisnis, mulai dari ide bisnis, analisa, rancangan dengan strategi yang terbaik.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam membangun bisnis namun tetap berkerja sebagai karyawan. Bila bisnis dirasakan telah stabil dan dapat mandiri maka berhenti dari pekerjaan sebagai karyawan dapat dilakukan dan kini menjadi Bos untuk usaha sendiri.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0