‘Membangun’ Bayi yang Sehat

Seperti halnya bangunan dan masakan, ‘membangun’ seorang manusia tentu membutuhkan bahan-bahan agar dapat menjadi manusia yang utuh dan sempurna. Jika bangunan membutuhkan material dan masakan membutuhkan bahan-bahan makanan, maka manusia membutuhkan nutrisi yang dikonsumsi sejak masih dalam kandungan. Oleh karena itu, memperhatikan gizi ibu hamil sangatlah penting. Ibu hamil membutuhkan banyak zat-zat yang dikandung oleh beberapa jenis makanan, agar kebutuhan gizi ibu dan anak yang dikandungnya dapat terpenuhi.

  • kehamilan sehatIbu membutuhkan karbohidrat, yang dapat ditemukan di dalam roti, oatmeal, nasi, dan makanan-makanan primer lainnya. Jumlah yang direkomendasikan untuk karbohidrat adalah 6 hingga 11 porsi.
  • Protein penting untuk pertumbuhan jaringan janin dan otak sang anak. Untuk ibu, protein penting untuk membantu pertumbuhan jaringan payudara dan rahim, juga meningkatkan persediaan darah ibu. Protein dapat ditemukan dengan jumlah banyak di dalam ikan (dianjurkan matang, karena ikan mentah dapat mengandung bakteri yang dapat membahayakan bayi), ayam, daging sapi, kambing, tahu, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dianjurkan ibu hamil mengkonsumsi 75-100 gram protein setiap harinya.
  • Produk susu juga sangat penting karena vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan bayi. Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi si buah hati dan membantu pengaturan cairan tubuh. Dianjurkan untuk mengkonsumsi 3-4 porsi makanan kaya kalsium setiap harinya, misalnya keju, tahu, kol, telur, yogurt, dan susu. Pastikan juga susu yang diminum oleh ibu adalah susu yang difortifikasi.
  • Sayuran dan buah-buahan juga sangat penting untuk asupan zat besi, vitamin A, kalium, dan natrium yang diperlukan bagi ibu hamil.
  • Untuk asupan zat besi, ibu hamil dapat memilih sayuran hijau seperti bayam, kol hijau, selada, dan kol.
  • Asam folat juga penting untuk membentuk sistem syaraf bayi, dan asupan asam folat rutin dapat mengurangi risiko cacat tabung syaraf pada janin. Asam folat juga dapat ditemui dalam sayuran berdaun hijau, gandum, beberapa jenis buah, dan kacang-kacangan.
  • Untuk membantu penyembuhan luka, memicu perkembangan gigi dan tulang, juga meningkatkan proses metabolisme tubuh, Vitamin C sangat penting.

Selain makanann yang sudah disebutkan di atas, konsumsi air yang cukup juga sangat penting. Kebutuhan air minimal pada ibu hamil yaitu 8 gelas air per hari. Dengan pola makan yang lebih sehat ini, bayi juga akan tumbuh lebih kuat dan dapat menjadi anak yang sehat di kemudian hari. (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0