Manfaatkan Teknologi Cloud Untuk Bisnis

Bagi Anda yang aktif memanfaatkan internet untuk berbagai aktivitas, mungkin sudah sangat mengenal apa itu cloud storage? Bahkan, mungkin Anda sudah sering memanfaatkannya untuk berbagai keperluan pribadi, seperti menjadikan cloud sebagai media untuk back up data yang berjumlah tidak besar, sehingga cukup menggunakan layanan public cloud yang gratis. Berbedda dengan layanan hybrid cloud yang berbayar.

Teknologi Cloud Untuk Bisnis

Nah, selain untuk keperluan pribadi, ternyata saat ini cloud juga sudah banyak dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Bahkan, banyak yang merasa teknologi ini sangat bermanfaat dalam mendukung kesuksesan bisnis mereka. Kok bisa ya? Tentunya, hal ini tidak terlepas dari beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh cloud, seperti berikut ini:

  • Memudahkan pengiriman data

Dalam dunia bisnis, Anda pastinya akan sering mengirimkan dan menerima data dari dan ke bagian lain, atau ke perusahaan lain yang bekerjasama dengan Anda. Dengan menggunakan teknologi cloud, Anda bisa menyimpan file yang ingin Anda bagikan, dan kemudian men-share file tersebut pada setiap orang yang ingin Anda berikan akses. Anda bahkan bisa juga membuat file yang bersifat auto update, dengan begitu setiap kali Anda melakukan perubahan pada file tersebut, data yang Anda kirimkan pada klien juga berubah. Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga keamanan data perusahaan, seperti memasang password saat membagi data pada pihak lain. Sehingga hanya orang berkepentingan saja yang bisa membukanya.

  • Kapasitas yang besar

Provider cloud storage akan menawarkan beberapa layanan pada Anda untuk masalah kapasitas file yang bisa disimpan. Untuk Anda yang baru memulai bisnis, mungkin bisa memilih layanan dengan kuota yang tidak terlalu besar. Namun, jika bisnis Anda semakin besar dan membutuhkan tempat penyimpanan lain, maka bisa melakukan upgrade layanan. Bahkan, Anda bisa memilih layanan dengan kuota unlimited.

  • Bisa diakses kapan pun dan di mana pun

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa mengakses data karena selama Anda berada di lokasi yang memiliki koneksi internet, maka Anda akan selalu bisa mengaksesnya. Sebab, file yang Anda simpan di dalam cloud akan tersimpan dalam server yang terkoneksi dengan jaringan internet.

  • Meminimalis risiko kehilangan data

Provider cloud akan menyimpan data Anda dalam beberapa server. Hal ini akan mengamankan data Anda agar tidak hilang sekalipun salah satu data center tempat provider cloud menyimpan data mengalami kerusakan.

Nah, setelah mengetahui beberapa keuntungan penyimpanan data dengan cloud untuk bisnis, apa Anda masih tidak mau menggunakannya? (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0