Manfaat Mainan Edukatif untuk Anak

mainan edukatifMainan Anak terutama mainan edukatif adalah salah satu sarana untuk pembelajaran dan berlatih anak untuk meningkatkan kemampuan yang berguna untuknya. Alat yang didesain sebagai mainan akan membuat anak menjadi betah memainkannya dan secara tidak langsung akan melatihnya dengan sistem permainan yang mengedukasi.

Ada banyak manfaat mainan edukatif bagi anak-anak. Sebagai orang tua yang mencintai anak pasti akan memberikan anak-anaknya mainan yang bermanfaat. Berikut ini manfaat mainan edukatif bagi anak.

  • Melatih konsentrasi anak. Dengan mainan edukatif anak akan dilatih untuk berkonsentrasi untuk menemukan cara memainkan mainan tersebut.
  • Melatih saraf motorik. Pada saat anak mengambil dan memegang mainannya, maka saraf motorik halusnya yang bekerja. saraf motorik kasar berkerja pada saat anak mulai memainkan mainannya.
  • Mengenal warna dan bentuk. Dengan mainan edukatif seperti mainan balok yang terdiri berbagai bentuk dan warna, anak akan dikenalkan dengan berbagai jenis bentuk dan warna.
  • Melatih kreatifitas. Dengan mainan bentuk balok, anak akan melatih daya kreatifitasnya untuk membuat suatu bentuk bangunan dari mainan tersebut.
  • Mengenal angka dan huruf. Dengan mainan edukatif angka dan huruf dapat memperkenalkan dan mengajarkan anak tentang angka dan huruf.
  • Meningkatkan Problem solving. Pada mainan puzzle, anak akan dilatih untuk menyelesaikan masalah ( puzzle ) agar dapat disusun kembali.

Mainan edukatif merupakan mainan yang sangat direkomendasikan untuk anak-anak. Manfaat yang didapatkan dari mainan edukatif membuat anak menjadi lebih dapat mengembangkan kemampuan motorik, konsentrasi, dan perkembangan buah hati kedepannya. Semoga artikel informasi tentang mainan edukatif ini dapat bermanfaat. -db-

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0