Manfaat Dan Kegunaan Air Putih

Salah satu cara untuk mencapai pola hidup sehat adalah dengan membiasakan minum air putih yang banyak. Air putih membantu kita dalam mengatur suhu tubuh, membuat sendi tidak kaku, melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya, serta mengeluarkan limbah tubuh melalui keringat dan urin.

manfaat air putihSelain manfaat itu, aada juga kegunaan lain jika kita mengkonsumsi banyak air putih, seperti menurrunkan berat badan. Orang dewasa yang meminum sebotol air sebelum makan selama 12 minggu akan kehilangan berat badan lebih banyak daripada diet yang tidak minum air lebih dulu sebelum makan.

Kegunaan air lainnya adalah untuk mencegah penyakit ginjal. Karena orang yang sedikit mengkonsumsi air akan memiliki resiko mendapatkan penyakit ginjal kronis lebih besar ketimbang orang yang memiliki kebiasaan minum air putih yang banyak. Kemudian air putih juga ternyata dapat menjaga mood kita. Karena jika kekurangan air atau dehidarsi maka kita akan mengalami sakit kepala, kelelahan, suasana hati yang memburuk, dan kesulitan berkonsentrasi.

Satu hal yang menarik tentang kegunaan air adalah ia juga dapat membuat kita berlari lebih cepat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada kontestan lari di tahun 2011 yang lalu menunjukan bahwa setelah menyelesaikan dua set putaran salah satu pelari meminum air yang cukup selama istirahat. Sementara kelompok pelari lainnya tidak minum selama istirahat. Ternyata kelompok pelari yang minum air selama istirahat dapat berlari lebih cepat. Jadi, setelah mengetahui manfaat dan kegunaan air diatas tidak ada alsan lagi bagi kita untuk tidak membiasakannya agar kita dapat mencapai pola hidup sehat.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0