Makanan untuk Ibu Hamil yang Sibuk Bekerja

Bagi ibu hamil yang sibuk bekerja, makanan sehat untuk ibu hamil tentunya menjadi sesuatu yang wajib dikonsumsi setiap hari. Pasalnya, nutrisi merupakan sesuatu yang penting dan harus dipenuhi, semata agar kandungan tetap sehat. Terlebih untuk ibu hamil yang menjalani diet agar terbebas dari obesitas: maka ada beberapa makanan yang tidak boleh dilewatkan meskipun sibuk bekerja. Lantas, apa saja makanan yang harus dikonsumsi setiap hari? Ini dia daftarnya:

  1. ibu hamil makan apelKacang-kacangan. Saat bekerja, keinginan untuk ngemil biasanya meningkat dan sulit untuk menghilangkan kebiasaan mengunyah. Nah, alih-alih memilih camilan yang tidak sehat dan juga membahayakan, lebih baik pilih kacang-kacangan saja. Sebab kacang-kacangan ini sangat kaya dengan protein dan asam folat. Ibu hamil sangat membutuhkan dua nutrisi ini karena bisa membantu perkembangan janin dan meningkatkan suplai darah. Tidak hanya itu, bentuknya yang kecil-kecil juga membuat Ibu mudah membawanya setiap hari dan tidak mengotori meja.
  2. Sayuran hijau. Sudah tentu, sayuran hijau merupakan makanan yang tidak boleh terlupakan saat hamil. Beberapa sayuran seperti bayam, selada, dan juga kubis merupakan sayuran yang disarankan untuk dikonsumsi karena kaya akan asam folat dan zat besi. Ibu tentunya sudah tahu bahwa asam folat ini bisa membantu mencegah cacat tabung saraf dan zat besi membantu mengurangi risiko anemia saat hamil.
  3. Untuk lauknya, Ibu bisa memilih daging sebagai menu makan siang. Hanya saja, pastikan kalau daging yang hendak dimakan sudah dimasak dan dalam keadaan matang. Daging mengandung protein yang berlimpah dan juga zat besi sehingga kebutuhan nutrisi harian Ibu bisa terpenuhi.
  4. Buah segar dan puding. Sebagai penutup makan siang, Ibu bisa memilih buah segar dan juga puding. Buah yang disarankan adalah buah yang kaya akan vitamin C seperti mangga, kiwi, jeruk, atau stroberi. Mengapa vitamin C? Sebab vitamin ini sangat baik untuk proses metabolism, penyebuhan luka, pertumbuhan gigi dan juga tulang. Sementara itu, puding mengandung serat yang bagus untuk memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Itu dia beberapa makanan yang tidak boleh terlewat agar kebutuhan nutrisi tetap terjaga. Oleh sebab itu, sesibuk apa pun Ibu di kantor, jangan sampai melewatkan waktu makan, ya. Jangan lupa juga untuk menjaga asupan cairan dalam tubuh dengan banyak minum air putih agar tidak dehidrasi. Semoga membantu!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0