Makanan Sehat yang Bikin Awet Kenyang Saat Berpuasa

Puasa tidak akan terasa berat jika Anda pintar memilih menu makanan sehat. Apalagi jika aktivitas sehari-hari Anda membutuhkan banyak energi, maka dibutuhkan makanan yang bisa membuat awet kenyangnya.

Mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak bukan solusi yang tepat. Lalu, jenis makanan seperti apa yang seharusnya Anda konsumsi.

karbohidrat kompleksMakanan Mengandung Karbohidrat Kompleks
Cukup disayangkan memang. Karena kebanyakan orang terbiasa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana.

Ada dua jenis karbohidrat; yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang bisa dicerna dengan mudah oleh tubuh. Sementara itu, karbohidrat kompleks tidak mudah dicerna oleh tubuh. Artinya, tubuh memerlukan waktu untuk mencerna jenis karbohidrat yang satu ini.

Nasi yang selama ini menjadi makanan pokok setiap hari termasuk ke dalam karbohidrat sederhana. Itulah mengapa Anda akan lebih cepat lapar jika makan nasi. Berbeda jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Anda akan merasa kenyang dalam kurun waktu yang lebih lama.

Itulah mengapa menu sahur Anda sebaiknya menggunakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks agar Anda memiliki tenaga dan penuh semangat walaupun seharian penuh tidak makan.

Jenis Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks
Tidak sulit mencari makanan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks. Hanya saja banyak orang yang tidak terbiasa mengkonsumsi jenis makanan tersebut. Apalagi ada stigma di masyarakat luas di mana belum dikatakan makan jika belum makan nasi.

Padahal sumber karbohidrat itu tidak hanya nasi. Salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah gandum. Ada banyak sekali jenis makanan olahan yang bahan utamanya berupa gandum seperti roti. Namun, pastikan roti gandum yang Anda konsumsi 100% berbahan gandum ya.

Selain gandum, oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks. Akan lebih lezat jika menu sahur Anda berupa oatmeal yang dicampur dengan susu. Selain bagus, menu makanan ini juga mudah dibuat. Anda tidak perlu repot-repot memasak untuk menu sahur.

Ubi manis ternyata juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung karbohidat kompleks. Mungkin banyak orang yang menganggap ubi manis itu makanan orang desa. Tidak disangka jika makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi siapa saja saja yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Dengan mengkonsumsi jenis makanan tersebut, maka Anda bisa tetap beraktivitas setiap hari seperti biasanya. Produktivitas tetap tinggi karena Anda mengkonsumsi menu makanan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0