Macam-macam Pemainan Bayi dan Manfaatnya

Cara untuk merangsang perkembangan motorik bayi adalah dengan mengajaknya bermain. Pada usianya yang masih dalam tahap mengenal bayi perlu diberikan berbagai rangsangan untuk melatih kepekaannya. Permainan anak bayi banyak macamnya, seperti beberapa contoh permainan dan manfaatnya:

mainan untuk bayi1. Bermain Gantung dan Bergerak

Dalam permainan ini, harus menyediakan barang atau permainan yang digantung dan bisa bergerak. Manfaat dari permainan ini adalah untuk menstimulasi indra penglihatannya, melatih kordinasi mata dengan tangan, agar penglihatannya fokus, dll.

2. Mainan Gemerincing

Gunakan barang yang mudah mengeluarkan bunyi gemerincing, manfaat yang bisa didapatkan bayi yaitu bisa belajar memfokuskan perhatian, mengasah kordinasi tangan, mata dan kemampuan auditif bayi.

3. Bercermin

Biasanya bayi sangat suka ketika di depan cermin, dan pada masa itu bayi belum mengenal bahwa yang ada di cerminnya itu adalah dirinya. Manfaat dari permainan ini adalah bisa melatih pandangan agar lebih focus pada sebuah objek, memahami dirinya sendiri secara fisik, dan menunjukan hubungan sosial.

4. Permainan Muncul dan Menghilang

Manfaat yang bisa didapatkan dari permainan ini yaitu memfokuskan penglihatan mata bayi pada sebuah objek yang bergerak, belajar dan mengetahui sebab – akibat.

5. Mengenal Bentuk dan Warna

Manfaat yang bisa didapatkan dari permainan ini yaitu mengasah indra pendengaran, visual bayi dan merangsang perkembangan bahasa.

Menyesuaikan permainan anak bayi yang sesuai dengan usianya akan menyeimbangkan perkembangannya, baik itu secara fisik maupun kognitifnya.

Share on Facebook2Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0