L’oreal Pancing Mahasiswa Kembangkan Bisnis Salon Kecantikan

L'oreal Pancing Mahasiswa Kembangkan Bisnis Salon Kecantikan

Sumber gambar: marketplus.co.id

Sejak di adakan tahun 2009 lalu, L’oreal Paris telah sukses menggelar acara L’oreal Brandstorm. L’oreal Brandstorm merupakan ajang kompetisi paling bergengsi yang ditujukan untuk para mahasiswa dan memberikan mereka kesempatan untuk menciptakan bisnis salon profesional, khususnya kecantikan rambut.

Berbeda dengan tahun 2017 lalu, L’oreal Indonesia berhasil mengulas inovasi dan strategi bisnis salon professional dari para generasi milineal . Dalam ajang kompetisi tersebut L’oreal mengangkat judul “Invent the Professional Salom Experience of the Future” yang menantang para mahasiswa untuk dapat menciptakan gebrakan baru di dunia bisnis salon, khususnya berbasis teknologi digital.

Pada tahun 2018 kali ini L’oreal Brandstorm diadakan dengan konsep Innovation Fair. Terdapat 9 tim yang terpilih dari universitas di seluruh Indonesia, dengan total 730 peserta dari 50 universitas yang mendaftar. Para finalis dari 9 tim yang terpilih, akan berperan sebagai wirausahawan muda dan menyusun konsep kreatifnya kepada tim juri.

“Brandstorm memberikan pelatihan dan pengembangan melalui e-learning. Kami mengajak mereka untuk berinovasi dengan pengerjaan case study, sehingga mereka bisa merasakan pengalaman kerja di industri kecantikan. Dari 9 tim ini sangat inovatif. Salah satunya adalah mempunyai ide membuat aplikasi yang digunakan untuk order customer sebelum pergi ke salon”, ujar Restu Widiati, Head of Human Resources, L’Oreal Indonesia saat koferensi di The Ice Palace, pada Rabu 4 April 2018.

Setelah tim juri menyaring mahasiswa Strata Satu (S1) dari seluruh universitas di Indonesia yang mendaftar sejak akhir tahun 2017 lalu, akhirnya tim Parstee dari Universitas Prasetya Mulya Jakarta berhasil keluar menjadi pemenang L’Oréal Brandstorm 2018. Tim yang beranggotakan 3 mahasiswa ini terdiri dari Yaavi Yulio, Elice Tamara dan Erica Christina. Menurut Umesh Phadke, selaku Presiden Direktur PT. L’Oreal Indonesia mengatakan bahwa ide  mereka yang mengangkat tema berjudul, ” The Real Experience” sangat menyeluruh dalam menawarkan inovasi pelayanan holistik di salon professional. Sebuah terobosan baru yang menarik, dengan bertujuan  untuk mengajak generasi milenial dalam melakukan perawatan rambut di salon.

“Melalui kompetisi ini kami benar-benar diajarkan untuk beripikir layaknya sebagai innovator dan wirausahawan. Kami mengalami bagaimana bekerja di sebuah perusahaan yang inovatif dan dinamis dengan mendapat bimbingan oleh para beauty ekspert dari L’oreal”, ujar Erica Christina, anggota dari tim Parstee.

Selanjutnya, pada tanggal 17 Mei 2018 mendatang tim Parstee akan dikirim ke Paris untuk mempresentasikan inovasi mereka dan menghadapi 42 tim lainnya dari seluruh dunia. Mereka akan memperebutkan gelar juara untuk 3 kategori, yaitu Brand Award (penghargaan bagi inovasi terbaik dengan strategi marketing yang terintegrasi dan fokus terhadap konsumen dan hairdresser profesional), Tech Award (penghargaan bagi inovasi terbaik dengan jasa yang mengaplikasikan teknologi kepada konsumen dan hairdresser profesional), dan CSR Award (penghargaan bagi inovasi berkelanjutan yang memiliki dampak positif terhadap komunitas). Masing-masing dari pemenang kategori juga akan diberikan hadiah €10.000 atau setara dengan Rp170 juta.

“Selama satu bulan kedepan, sebelum keberangkatan ke Paris, tim Indonesia akan terus memberikan dukungan dan dibimbing terutama dalam peningkatan soft skills yang membantu tim mempresentasikan ide dan menyampaikan pesan untuk menjual inovasi yang mereka tawarkan”, ungkap Restu Widiati, Head of Human Resources PT L’Oréal Indonesia.

Wah, selamat untuk seluruh anggota tim Parstee yah!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0