Lepaskan Diri dari Kecanduan Kopi dengan Cara Ini

Kumparan. Apakah kamu merupakan seorang pecinta kopi? Jika ya, berapa jumlah kopi yang kamu konsumsi setiap hari?
Bagi sebagian orang, kecintaan terhadap kopi telah berubah jadi sebuah keterikatan. Banyak orang yang merasa kecanduan kopi.

Jika tak minum kopi sehari saja, rasanya tubuh langsung uring-uringan. Biasanya, orang yang kecanduan kopi akan merasakan gejala seperti sakit kepala, gelisah, suasan hati buruk, hingga sulit untuk fokus.

Lantas, apa yang menjadikan kopi sebagai sebuah minuman yang bikin kecanduan?
Adalah kafein, zat kimia yang jadi penyebabnya. Kandungan yang satu ini bisa kamu temukan di dalam tanaman kopi.

menyeduh kopiKafein mampu menstimulasi saraf pusat yang ada dalam otak kamu. Dengan mengonsumsi kopi, kamu biasanya akan jadi lebih segar, waspada, berenergi, dan mampu berkonsentrasi dengan lebih baik. Disamping rasanya yang khas dan nikmat, inilah yang jadi alasan mengapa kopi begitu disukai oleh banyak orang.

Jika sudah terbiasa mengonsumsi banyak kopi setiap hari, otak manusia biasanya akan langsung beradaptasi dengan terjadinya perubahan gelombang pada otak. Sama layaknya obat, dosis kafein yang dibutuhkan oleh tubuh juga akan meningkat seiringnya waktu, alias kebal.

Jika kamu terbiasa mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari, bukannya tak mungkin bahwa dosis kopi tersebut akan terus meningkat. Secara perlahan, dosisnya bisa bertambah menjadi tiga, empat, hingga lima cangkir.

Kamu semua tentunya pernah mendengar ungkapan bahwa semua yang berlebihan itu tidaklah baik, bukan?
Seperti dilansir Hello Sehat, manusia sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 200mg kafein atau dua cangkir kopi dalam sehari. Lantas jika terlanjur kecanduan, apa yang harus kamu lakukan untuk menguranginya?

Kamu bisa coba mengurangi jumlah kopi yang kamu konsumsi secara perlahan. Contoh sederhana, jika kamu biasa meneguk empat cangkir kopi setiap hari, coba untuk menguranginya jadi tiga cangkir saja.
Terus lakukan hal yang sama selama kurang lebih dua minggu. Jika berhasil, baru lanjut ke tahap berikutnya jadi dua cangkir sehari.

Kamu bisa terus mengurangi jumlah kopi hingga nol sama sekali. Jika kamu merasa kesulitan, mungkin bisa mengganti kecanduan tersebut dengan mengunyah permen karet rendah gula. Setidaknya, hal ini akan sedikit membantu mengalihkan perhatian.

Jika sukses membabat habis kecanduan terhadap kafein, apakah masih boleh mengonsumsi kopi?
Jawabannya adalah boleh. Semuanya tergantung dari pengendalian dan kontrol diri. Sebaiknya, kamu hanya mengonsumsi kopi pada saat membutuhkan saja. Selamat mencoba! Sumber : kumparan.com

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0