Lancar Cas-cis-cus Bahasa inggris

Dengan status bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar hampir di seluruh dunia, tidak heran minat masyarakat untuk mau belajar dan menggunakan bahasa Inggris di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu aspek tersulit dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah belajar bicara bahasa Inggris. Walaupun kita sudah mengetahui teori-teori bagaimana berbahasa Inggris yang baik, ada kalanya kita masih ragu-ragu atau kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris.

bicara bahasa inggrisUntuk membantu, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti untuk dapat lebih percaya diri dalam ber-cas cis cus dalam bahasa Inggris.

  • Terimalah bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang aneh. Walaupun bahasa Inggris biasanya memiliki peraturan-peraturan yang jelas, ada beberapa pengecualian yang berlaku hanya untuk kata tersebut seperti kata “mouse” dan “house” yang memiliki bentuk jamak “mice” dan “houses” walaupun pelafalannya hampir sama dan kata “read” (dibaca rid), yang memiliki bentuk lampau “read” (dibaca red). Tidak usah terlalu mempermasalahkan mengapa mereka tidak terikat peraturan sama seperti yang lainnya, cukup ingatlah perbedaan-perbedaan aneh ini agar tidak salah di lain waktu.
  • Sering-seringlah belajar bahasa Inggris, baik itu dengan mendengarkan lagu, menonton film, membaca buku, atau berbicara, selama itu melibatkan bahasa Inggris dan lakukanlah setiap hari. Saat menonton film, tidak ada salahnya kita ikut mengucapkan dialog yang ada di film, atau ikut bernyanyi saat mendengarkan lagu.
  • Gantilah pola pikir Anda. Ketimbang membayangkan suatu benda di pikiran Anda dalam bahasa ibu lalu menterjemahkannya ke bahasa Inggris, bayangkanlah benda tersebut langsung dalam bahasa Inggris. ini adalah perbedaan dari mentalitas seorang yang ‘belajar’ bahasa Inggris dan seseorang yang ‘berbicara’ bahasa Inggris.
  • Jangan terlalu berkutat pada Berbicara bahasa Inggris dengan lancar bukan berarti kita harus memiliki grammar yang sempurna. Berbicara bahasa Inggris yang lancar berarti kita dapat menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan kepada lawan bicara, sehingga cara paling ampuh untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

Untuk membantu percaya diri dalam berbahasa Inggris, janganlah takut salah. Jika kita membuat kesalahan dan dikoreksi oleh orang lain, terimalah dan ingat-ingat apa yang benar untuk lain waktu. Dengan latihan yang cukup dan kepercayaan diri yang tetap terjaga, kita akan dapat dengan lancar berbahasa Inggris dengan semua orang. (Dana)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0