Kuliner Timur Tengah

Masakan Timur Tengah termasuk hidangan populer yang banyak diminati orang Indonesia. Ini merupakan kuliner yang berasal dari Asia Barat yang memiliki kekhasan tersendiri di masing-masing negara di Timur Tengah. Asia memang kaya akan rempah-rempah dan sajian Timur Tengah pun kaya akan beragam campuran rempah di dalamnya. Bahan-bahan lainnya yang biasa digunakan antara lain buah zaitun, minyak zaitun, wijen, madu, peterseli, kacang Arab, mentha, dan lain sebagainya. Makanan yang terkenal seperti kibbeh dan shawarma, sedangkan minuman yang terkenal adalah arak.

masakan timur tengahTimur Tengah memang lebih dikenal dengan sebutan Arab. Tidak hanya terkenal oleh padang pasir dan bahasanya, Arab juga terkenal dengan masakannya yang lezat. Sajian khas Timur Tengah ini merupakan hasil dari kombinasi Masakan yang beragam dengan menggabungkan kuliner dari kawasan Mediterania timur, Yaman, India, Persia, dan lainnya. Berbeda wilayah, beda pula makanan khasnya. Sfiha merupakan sajian kawasan Mediterania timur, maqluba adalah menu dari Palestina, mansaf merupakan hidangan populer Biryani yang dipengaruhi oleh India, musakhan adalah menu utama yang terkenal dan umum di Yordania utara dan Yerusalem, dan saltah merupakan hidangan nasional Yaman.

Sajian Mesir sangat kaya dengan kebiasaan unik bergantung pada daerahnya, misal di daerah pesisir pantai seperti pantai Laut Mediterania dan Canal makanan rakyatnya sangat bergantung pada ikan, sedangkan untuk di daerah pertanian menggunakan unggas, sajian ini dikenal dengan sebutan kushari. Shahan ful merupakan makanan yang disajikan bersama minyak zaitun, berbere, sayuran, dan segulung roti.

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0