Kuliner Menggugah Selera di Surabaya

Jika berkunjung ke Surabaya, selain mengunjungi atraksi wisata yang menarik di sana, jangan lupa sempatkan waktu untuk mencicipi kulinernya yang kaya. Ya, Surabaya memang terkenal memiliki sejarah panjang tentang cita rasa kulinernya yang legendaris dan menggugah selera. Sebut saja racikan kepiting asam manis yang konon rasanya tidak bisa ditemukan di tempat lain selain Surabaya dan masih banyak lagi kuliner Surabaya yang akan memanjakan lidah Anda. Jadi, jangan habiskan waktu Anda dengan berdiam diri di kamar, ya. Kawasan hotel di Surabaya pun biasanya dikelilingi dengan kuliner lokal yang sangat disayangkan jika tidak dicoba.

Lantas, apa saja kuliner yang wajib dicoba saat ke Surabaya? Ini beberapa di antaranya:

  1. sate-klopo-khas-surabayaSate Klopo. Meski memiliki nama Sate Klopo, bukan berarti kuliner ini terbuat dari kelapa, ya. Pasalnya, sate ini tetap terbuat dari daging yang dipotong-potong dadu dan dicampur dengan jeroan serta lemak sapi. Yang membedakan Sate Klopo dengan sate pada umumnya adalah sebelum dibakar, potongan daging tersebut dilumuri parutan kelapa dulu. Jadi, tidak heran jika rasa sate ini terasa lebih gurih dan juga lezat begitu dimakan. Hmm, beda deh dibanding sate yang biasa Anda makan!
  2. Nasi Goreng Jancuk. Berani coba nasi goreng pedas ala Nasi Goreng Jancuk? Di Surabaya, Nasi Goreng Jancuk ini cukup terkenal dan menjadi sasaran wisatawan yang datang ke sana. Dengan porsi nasi yang rasanya cukup untuk dua orang, dijamin Nasi Goreng Jancuk ini bisa mengisi perut Anda yang kelaparan. Akan tetapi, hati-hati; Nasi Goreng Jancuk ini sangat pedas karena konon jumlah cabai yang dimasukkan ke dalamnya tidak terhitung. Waduh, siap-siap, ya!
  3. Rawon Seta Masih untuk Anda pecinta kuliner pedas, selain Nasi Goreng Jancuk, Anda juga bisa mencoba Rawon Setan. Dengan kuah yang gurih dan penuh rempah, rasanya makanan ini cocok dimakan di malam hari untuk menghalau rasa dingin. Daging sapinya empuk dan bumbunya meresap hingga ke dalamnya. Entah dimakan dengan nasi atau tanpa nasi, rasanya tetap enak! Satu mangkok Rawon Setan yang berisi daging sapi dan juga kikil siap untuk Anda santap.
  4. Nasi Krawu. Jangan lupa coba Nasi Krawu begitu tiba di Surabaya. Meski nasi ini asli asal Gresik, Nasi Krawu juga cukup populer di Surabaya. Nasi Krawu merupakan nasi yang disajikan dengan taburan serundeng, semur daging, jeroan sapi, lalapan, dan juga sambal terasi. Cara makannya bisa dicampur atau dimakan satu persatu dengan nasi. Mana pun caranya, rasanya tetap enak; gurih, manis, sekaligus pedas dari sambal. Mengenyangkan dan rasanya pun murah.

Nah, dari empat kuliner di atas mana yang paling ingin Anda coba? Semuanya sangat menggugah selera, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0