Kuasai Bahasa Inggris Tanpa Kursus

Banyak orang yang ingin menguasai bahasa Inggris namun terbentur pada masalah dana karena tak ada biaya untuk kursus bahasa Inggris. Tidak bisa disangkal, biaya yang harus dikeluarkan untuk kursus memang cukup besar. Tentulah tidak mengherankan jika banyak masyarakat ybelajar bahasa inggris dengan laguang rela mengubur mimpinya untuk belajar bahasa Inggris dasar di tempat kursus karena tidak memiliki dana berlebih.

Eits, tapi jangan sedih, dulu! Anda yang tidak bisa mengikuti kursus bahasa Inggris tetap bisa menguasai bahasa asing ini secara gratis, kok. Dengan lingkungan belajar yang tepat, bahasa Inggris bisa juga dikuasai dengan cara otodidak alias dengan belajar sendiri. Namun, patut diingat bahwa belajar bahasa Inggris itu tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu ketekunan dan juga keuletan untuk dapat menguasainya. Bagaimana caranya? Ini dia daftarnya:

  1. Belajar listening dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris yang sering diputar di radio. Jika Anda tengah memiliki waktu senggang, cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris untuk melatih kepekaan telinga Anda. Cara ini bisa sangat membantu proses pembelajaran Anda dengan cara mudah dan juga menyenangkan.
  2. Untuk melatih komponen writing, cobalah untuk menuliskan kembali lagu yang Anda dengar di radio berupa lirik per lirik di dalam kertas kosong. Tulis saja apa yang Anda dengar dan tidak perlu takut salah. Setelah itu, cek jawaban Anda dengan lirik lagu yang sebenarnya. Seberapa besar kesalahan Anda?
  3. Agar penguasaan kosakata Anda semakin bertambah, tuliskan interpretasi Anda terhadap lagu tersebut dengan menggunakan bahasa Anda. Jika Anda kesulitan untuk menuliskan maksud Anda, tuliskan saja kata tersebut dalam bahasa Indonesia dan cek terjemahannya di kamus bahasa Inggris. Cara ini, meskipun sulit ternyata sangat ampuh untuk menambah kosakata Anda secara kontinu.
  4. Tahap terakhir, nyanyikan lagu tersebut dengan percaya diri. Jika tidak tahu bagaimana cara mengucapkannya, ikuti saja bagaimana cara si penyanyi mengucapkan kata tersebut. Cara ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri dan juga melatih pronounciation dari kata-kata yang ada di lagu tersebut.

Itu dia cara termudah untuk belajar bahasa Inggris secara mudah dan gratis. Tertarik untuk mencobanya? Selamat belajar! (Tr)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0