Kriteria Perancangan Data Center

Bagi yang sudah lama berkecimpung dalam dunia IT pasti sudah sangat kenal dengan yang namanya data center Jakarta. Bahkan mungkin, perusahaan tempatnya bekerja juga menggunakan jasa data center untuk menyimpan servernya. Yap, data center memang sangat ert kaitannya dengan server. Mengapa demikian? Jelas saja, karena data center adalah sebuah lokasi tempat penyimpanan server. Maksudnya, perusahaan penyedia jasa data center ini akan menyediakan sebuah tempat dengan berbagai fasilitasnya. Sementara klien, sebagai pemilik server, akan meletakkan atau menyimpan server milik perusahaan kita di lokasi tersebut, dan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Mengenai fasilitasnya sendiri, tentunya akan berbeda, tergantung pada jenis layanan yang kita pilih.

data centerSaat ini, sudah cukup banyak perusahaan yang menyediakan jasa data center ini, dan setiap perusahaan tentulah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun begitu, seluruh data center ini pasti tetap memenuhi 3 kriteria yang wajib ada pada data center. Apa sajakah kriteria tersebut?

  • Availability

Data center harus dibuat sebisa mungkin mendekati zero failure untuk seluruh komponennya. Mengapa demikian? Jelas lah, karena perusahaan akan selalu membutuhkan berbagai data yang terdapat di servernya. Ketika terjadi suatu masalah pada server, maka tentunya akan mengganggu proses operasional perusahaan. Apalagi, jika perusahaan ini sudah dalam skala yang cukup besar. Karena itulah, data center harus bisa memiliki cara agar klien tidak terkena dampak apapun, seandainya data center sedang mengalami sebuah masalah.

  • Scalability dan Flexibility

Teknologi akan terus berkembang. Tentunya, data center harus terus mengikuti perkembangan ini agar tidak ketinggalan jaman. Ketika ada sebuah servis baru, maka data centerpun harus segera tanggap dan update dengan hal ini. Meskipun begitu, apapun update atau perubahan yang terjadi pada data center, tetap tidak boleh mengganggu akses klien terhadap server miliknya.

  • Security

Data center adalah tempat penyimpanan server berbagai macam perusahaan. Artinya, akan ada banyak data penting dan rahasian yang tersimpan di sini. Tentunya, akan sangat berbahaya jika data ini hilang akibat pencurian fisik ataupun masalah software. Karena itulah, security dalam data center ini harus terus diperbaiki. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0